Banda Aceh (ANTARA) - Mahasiswa yang tergabung dalam Ocean Diving Club Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Syiah Kuala (FKP USK) Banda Aceh mengibarkan Bendera Merah Putih menyambut HUT ke-79 RI di bawah laut Aceh Besar.

"Ocean Diving Club kali ini melakukan pengibaran bendera bawah laut di perairan Ahmad Rhang Manyang, Mesjid Raya, Aceh Besar dalam memperingati HUT RI," kata Pembina ODC USK, Maria Ulfah, di Banda Aceh, Sabtu.

Pengibaran tersebut dilakukan oleh 14 anggota di kedalaman 15 meter. Kegiatan tersebut juga dilengkapi dengan aksi "underwater clean up" dan "beach clean up", yaitu mengumpulkan sampah plastik di perairan dan pantai Ahmad Rhang Manyang.

"Pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut ini sudah menjadi rutinitas kita saat memperingati hari kemerdekaan Indonesia," ujar Maria.

Dalam kesempatan ini, Wakil dekan III FKP USK Dr Muhammad Irham berpesan kepada peserta untuk selalu menjaga nama baik kampus dan melaksanakan kegiatan ini semeriah mungkin.

Sementara itu, Ketua ODC USK Al Julismi ODC mengatakan pengibaran Bendera Merah Putih bawah laut sebagai simbol untuk memperkuat rasa kebangsaan dan solidaritas serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya nilai-nilai kemerdekaan.

Kemudian, dalam kegiatan "underwater clean up" di perairan Ahmad Rhang Manyang pada kedalaman 2-4 meter, ditemukan berbagai macam sampah di antaranya jaring nelayan, tali pancing, dan sampah plastik.

Lalu, di sepanjang 500 meter pinggiran pantai Ahmad Rhang Manyang anggota Ocean Diving Club lainnya juga melakukan "beach clean up". Hal ini bertujuan untuk mengurangi sampah di pinggiran pantai tersebut.

Diharapkan, kepada masyarakat dan pengunjung pantai tidak membuang sampah ke laut dan harus memahami pentingnya menjaga kebersihan untuk kehidupan biota di sekitar pesisir pantai.

"Semoga ke depannya masyarakat dan pengunjung lebih paham dan dapat menjaga ekosistem pesisir dari sampah, sehingga laut terjaga dan bisa dinikmati oleh generasi selanjutnya," demikian Al Julismi.

Baca juga: Parade Perahu Lesung warnai kemeriahan HUT RI di Asmat

Baca juga: Rekor MURI, 1.945 pelajar di Cirebon baca UUD 1945 serentak pada HUT ke-79 RI

 

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024