Gerakan amankan harga pangan dilaksanakan tepat pada peringatan hari kemerdekaan guna mendekatkan pasokan beras dan pangan lainnya ke masyarakat.
Sidoarjo (ANTARA) - Perum Bulog Kanwil Jawa Timur (Jatim) menggelontorkan sejumlah komoditas pangan murah lewat program Bulog Siaga Merdeka di 13 titik lokasi di provinsi ini untuk mengendalikan pasokan bahan pokok di masyarakat.

Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Jatim Awaludin Iqbal, di Sidoarjo, Sabtu, mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.
 
"Secara nasional kegiatan ini dilakukan di 79 titik lokasi dimana sebanyak 13 titik lokasi, di antaranya berada di Jawa Timur," katanya saat kegiatan tersebut di Lapangan Keboan Anom, Gedangan, Sidoarjo.

Ia mengemukakan, melalui kegiatan ini masyarakat Jatim bisa mendapatkan kebutuhan pangan pokok berkualitas dengan harga terjangkau untuk memenuhi konsumsi sehari-hari dan sekaligus untuk memeriahkan hari suka cita atas kemerdekaan.

"Gerakan amankan harga pangan dilaksanakan tepat pada peringatan hari kemerdekaan guna mendekatkan pasokan beras dan pangan lainnya kepada masyarakat," katanya.

Dia mengatakan,lokasi pelaksanaan program ini diutamakan di pemukiman padat penduduk yang langsung menyasar konsumen akhir, kantor kelurahan, kantor kecamatan, kawasan industri.

"Khusus di Sidoarjo, kami menyiapkan 5 ribu kilogram beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (Beras SPHP) dengan harga Rp56.500 per kantong, kemasan 5 kilogram. Kemudian juga ada beras premium Candi Mulyo sebanyak 500 kilogram dengan harga Rp67 ribu per kantong, serta menyediakan komoditi lain seperti gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, beras merah dengan harga yang terjangkau," katanya pula.

Ia mengatakan, selain di Kabupaten Sidoarjo, gerakan amankan harga pangan juga diselenggarakan secara serentak di 12 titik lain di Jatim, di antaranya Mojokerto, Madiun, Bojonegoro, Bondowoso, Malang, Probolinggo, dan Banyuwangi.

Acara peluncuran gerakan amankan harga pangan ini juga dihadiri oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sidoarjo dan Pemimpin Cabang Perum Bulog Kantor Cabang Surabaya.

"Acara ini juga merupakan bentuk sinergi Perum Bulog dengan instansi lain dalam menjaga ketersediaan dan keterjangkauan pangan khususnya di Jawa Timur," katanya lagi.
Baca juga: Bulog Jatim siap beli jagung di atas harga acuan pembelian pemerintah
Baca juga: 33.632 KPM di Kediri Jawa Timur dapat bantuan beras 

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024