Kota Mojokerto (ANTARA) - Pemerintah Kota Mojokerto, Jawa Timur berharap bisa berkontribusi untuk Ibu Kota Nusantara (IKN) menyusul letak geografisnya yang cukup strategis.

Pj Wali Kota Mojokerto M Ali Kuncoro di Kota Mojokerto, Sabtu, mengatakan, karena letak geografis bahwa letak Ibu Kota Nusantara itu di Kalimantan, tentunya segala akses segala keperluan IKN dapat disuplai dari Jawa Timur.

"Kita berharap Jawa Timur dan Kota Mojokerto bisa berkontribusi untuk IKN, karena penghubung dari Jatim," katanya usai upacara HUT ke-79 RI di Gelora A Yani, Kota Mojokerto.

Ia mengatakan, tahun ini pemerintah pusat mengusung tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju" pada peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia.

"Tema di pusat 'Nusantara Baru, Indonesia Maju' maka Pemerintah Kota Mojokerto membuat tema 'Gerbang Nusantara Baru, Kota Mojokerto Maju'," katanya.

Mengambil tema "Gerbang Nusantara Baru", kata dia, karena cikal bakal kebangkitan Kerajaan Majapahit gerbangnya di Kabupaten Kota Mojokerto.

"Sehingga, sangat cocok dengan tema yang dibuat oleh pemerintah pusat," katanya.

Disinggung terkait harapan untuk generasi muda, dia mengatakan generasi muda harus taklukkan segala tantangan di tahun 2045.

"Boleh melek secara teknologi, secara digital. Tapi harus harus tetap kedepankan akhlakul karimah yang tentu akan menjadi benteng kita semua generasi yang siap untuk siap bersaing, generasi yang bisa berkancah secara global dan generasi yang punya gaya kompetisi dan kompetitif di seluruh area," katanya.

Peringatan HUT ke-79 RI itu sendiri diwarnai dengan tarian kolosal yang dibawakan oleh siswa SD, SMP, SMA baik swasta maupun negeri di kota setempat. Selain itu juga ada penampilan drum band corps Gita Swasa Nala.

Baca juga: Sulbar membahas peningkatan infrastruktur pelabuhan dukung IKN

Baca juga: DPRD Banjarmasin sahkan Perda RPJPD dukung IKN 

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024