Jakarta (ANTARA) - KAI Commuter meriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-79 dengan melakukan pembagian bendera merah putih, balon dan coklat kepada para pengguna Commuter Line untuk lebih menumbuhkan cinta tanah air dan sebagai apresiasi kepada para pengguna KRL, pada Sabtu, (17/8).

VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus mengatakan, hal ini juga menjadi salah satu cara menghargai perjuangan para pahlawan.

“Pembagian bendera merah putih ini juga sebagai ungkapan apresiasi atas jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk memerdekakan bangsa Indonesia,” Kata Joni dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu.

Untuk merayakan HUT RI ke 79 ini juga KAI Commuter meluncurkan Kartu Multi Trip (KMT) berdesain tematik dengan mengusung “Nusantara Baru Indonesia Maju” warna merah dan putih.

Baca juga: KAI Commuter jamin keamanan data pengguna seusai peretasan

KMT sudah dapat dibeli di seluruh Stasiun KRL Commuter Line Jabodetabek dan Yogyakarta-Solo. Tersedia 20 ribu kartu yang dijual untuk para pengguna dengan harga Rp40 ribu sudah termasuk saldo Rp10 ribu.

Pembagian bendera merah putih, balon, dan coklat ini dilakukan di dalam KRL dan di area peron Stasiun Juanda, Jakarta Kota, dan Stasiun Manggarai terutama kepada anak-anak yang menggunakan Commuter Line pada hari libur perayaan Kemerdekaan RI tahun ini.

Pemberian bendera merah putih kepada pengguna anak-anak ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme sejak dini. Joni juga mengingatkan kembali, bagi pengguna Commuter Line yang membawa anak minimal usia tiga tahun atau tinggi minimal 90cm sudah diwajibkan untuk membeli tiket.

“Pastikan anak-anak selalu dalam pengawasan selama dalam perjalanan. Bagi pengguna yang menunggu di area peron, selalu dahulukan pengguna yang akan keluar, serta berdiri tidak melewati garis aman dan menghalangi pengguna yang akan keluar dari dalam Commuter Line,” ungkap Joni.

Diharapkan, dengan adanya gerakan pembagian bendera merah putih ini dapat meningkatkan rasa nasionalisme, khususnya pada anak-anak dan generasi muda saat ini.

Baca juga: KAI: Operasional kereta tak terganggu seusai kebakaran di Manggarai

Baca juga: KAI Commuter sediakan KMT edisi BT21

Baca juga: KAI Commuter layani 156,8 juta penumpang selama paruh pertama 2024

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024