Mereka adalah simpul penjaga kedaulatan negara kita di halaman depan, dan kita harus memastikan mereka memiliki kemampuan memadai untuk menjalankan tugasnya.
Pontianak (ANTARA) - Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo menekankan pentingnya momentum peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 untuk memperkuat kawasan perbatasan dan mewujudkan kesejahteraan yang merata di seluruh pelosok tanah air.

"Terkait aspek ekonomi kawasan, bapak pemerintah pusat menekankan perlunya memperkuat rantai pasok logistik dalam negeri hingga ke kawasan perbatasan serta meningkatkan nilai tambah produk hasil kerajinan masyarakat perbatasan. Kita harus membantu memasarkan produk-produk ini ke negara tetangga, agar masyarakat perbatasan dapat menikmati peningkatan ekonomi yang signifikan," kata Wempi saat membacakan amanat Mendagri pada upacara peringatan HUT ke-79 RI, di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar), Sabtu.

Kemudian, katanya lagi, menyangkut pengelolaan PLBN, Mendagri menekankan pentingnya meningkatkan tata kelola pengawasan dan pelayanan di semua PLBN.

"Kita perlu melakukan risk assessment secara menyeluruh, baik dalam aspek pengamanan maupun pelayanan, untuk memastikan bahwa PLBN kita dapat berfungsi secara optimal," ujarnya pula.

Kemudian, mengenai PLBN, khususnya keimigrasian, kepabeanan, dan kekarantinaan, Wempi menekankan perlunya peningkatan kapasitas lembaga dan personel yang bertugas di garis depan.

"Mereka adalah simpul penjaga kedaulatan negara kita di halaman depan, dan kita harus memastikan mereka memiliki kemampuan yang memadai untuk menjalankan tugasnya," katanya.

Selanjutnya, ditujukan kepada seluruh masyarakat di kawasan perbatasan, Wempi mengimbau agar masyarakat tetap menjaga persatuan dan kesatuan, serta tampil sebagai simbol nasional di perbatasan.

"Semua warga negara Indonesia di perbatasan harus mampu menjadi cerminan dari kekuatan dan kebanggaan bangsa kita," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Wempi juga menegaskan bahwa pengelolaan perbatasan negara merupakan urusan pemerintahan yang bersifat multifungsional dan kompleks.

"Peran kolaboratif dan pendekatan pentahelix menjadi sangat penting dalam pembangunan kawasan perbatasan. Setiap unsur, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, akademisi, dunia usaha, masyarakat, dan media informasi, memiliki kekuatan masing-masing yang jika digerakkan secara sinergis, dapat membawa dampak yang besar," kata Wempi.

Wempi mengajak seluruh elemen bangsa untuk memperkuat komitmen dalam mewujudkan kesejahteraan yang merata, sebagaimana cita-cita para pendiri bangsa.

"Bersama-sama, mari kita wujudkan perbatasan yang kuat, sejahtera, dan menjadi kebanggaan bagi seluruh rakyat Indonesia," katanya lagi.

Momentum peringatan HUT RI ke-79 ini diharapkan menjadi titik tolak bagi seluruh komponen bangsa dalam memperkuat kawasan perbatasan, sehingga dapat menjadi pilar penting dalam pembangunan nasional yang inklusif dan berkelanjutan.

"Dengan semangat kebersamaan dan kerja keras, Indonesia diharapkan dapat mencapai kesejahteraan yang merata dan membawa dampak positif bagi seluruh rakyat, khususnya mereka yang berada di wilayah perbatasan," katanya pula.
Baca juga: Menko Hadi: HUT Ke-79 RI momen bersiap menuju Indonesia Emas 2045
Baca juga: Presiden rayakan HUT ke 79 RI di IKN dengan baju adat Kutai

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024