Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mengharapkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dijadikan momentum untuk bersiap menuju Indonesia Emas Tahun 2045.

"Saya ingin mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. Nusantara baru, Indonesia maju. Perjuangan pendahulu adalah perjuangan kita. Cita-cita pendahulu adalah cita-cita kita semua. Mari kita bersiap diri menuju Indonesia Emas Tahun 2045," kata Hadi usai menghadiri Upacara Detik-Detik Proklamasi dalam rangka peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu.

Hadi mengatakan Upacara Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di Istana Negara Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur berlangsung meriah.

"Meriah, semuanya meriah, baik di Ibu Kota Negara Nusantara dan di Jakarta. Sinergi yang begitu bagus, semuanya dikemas begitu apik dan kelihatan meriah," ucap Hadi.

Ia mengatakan kita sebagai bangsa Indonesia patut berbangga karena Upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI menampilkan berbagai macam seni budaya.

"Kita sebagai bangsa Indonesia bangga dengan macam-macam budaya yang tadi ditampilkan. Di dua tempat baik di Nusantara maupun di Jakarta," tutur Hadi.

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan diselenggarakan di Istana Negara IKN, Kalimantan Timur dan diikuti secara hybrid dari Istana Merdeka, Jakarta.

Untuk upacara di Istana Merdeka Jakarta dihadiri oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin bersama Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga: KBRI Beijing gelar upacara HUT RI bersama sekitar 300 WNI

Baca juga: Bey: Nusantara Baru Indonesia Maju kandung semangat yang gagah inovasi


Pewarta: Benardy Ferdiansyah, Mentari Dwi Gayati
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024