Dalam rangka HUT Ke-79 RI dan 40 tahun PT Angkasa Pura II Injourney Airports, PT Angkasa Pura II Kantor Cabang BIM melaksanakan dua program TJSL sekaligus
Padang (ANTARA) - PT Angkasa Pura (AP) II Kantor Cabang Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat menyalurkan dana tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) perusahaan tersebut berupa pemberian kaki palsu dan pengobatan mata gratis kepada anak-anak di sekitar kawasan bandara.

"Dalam rangka HUT Ke-79 RI dan 40 tahun PT Angkasa Pura II Injourney Airports, PT Angkasa Pura II Kantor Cabang BIM melaksanakan dua program TJSL sekaligus," kata Executive General Manager PT Angkasa Pura II Kantor Cabang BIM Indrawansyah di Padang, Sabtu.

Indrawansyah mengatakan pemberian kaki palsu bagi penyandang disabilitas serta pengobatan mata gratis bagi anak-anak sekolah dasar merupakan bukti komitmen Angkasa Pura II selaku bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kepada masyarakat terutama di sekitar kawasan bandara.

Ia mengatakan untuk pengukuran kaki palsu PT Angkasa Pura II BIM bekerja sama dengan Dinas Sosial Kota Padang. Program ini setiap tahunnya juga berkolaborasi dengan Kick Andy Foundation. Khusus pemberian kaki palsu dilaksanakan langsung di area Angkasa Pura II.

Sementara, program TJSL pemeriksaan mata gratis dilaksanakan langsung di Sekolah Dasar Negeri 22 Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman yang diikuti 64 anak didik. Selain siswa, para guru di sekolah tersebut juga ikut serta mengikuti program sosial itu.

Baca juga: Bandara Tjilik Riwut beri bantuan kaki palsu ke penyandang disabilitas

Program TJSL berupa pemberian kaki palsu bagi disabilitas dan pemeriksaan mata gratis tersebut diharapkan memberikan manfaat yang positif terhadap masyarakat, agar merasakan kehadiran Angkasa Pura II khususnya di sektor sosial.

Selain melakukan pemeriksaan mata gratis, Angkasa Pura II Kantor Cabang BIM juga menyiapkan kaca mata gratis kepada masing-masing anak didik yang mendapat layanan TJSL tersebut.

"Apabila sewaktu pemeriksaan mata terdapat hal khusus, Angkasa Pura akan menindaklanjuti sampai hasilnya maksimal," ujar dia.

Senada dengan itu, Manager FHR Angkasa Pura II BIM, M Ikhbar Sungkar mengatakan ke depannya program TJSL perusahaan pelat merah tersebut akan terus dimaksimalkan, dan selaras dengan kebutuhan masyarakat. Program itu misalnya bedah rumah, bidang kesehatan, dan program kemasyarakatan lainnya.

"Kita juga sedang mengusulkan program beasiswa bagi pelajar berprestasi agar mereka bisa memaksimalkan pendidikannya," ucap dia.

Sementara itu, perwakilan dari Dinas Sosial Kota Padang, Hendri menyambut baik program TJSL PT Angkasa Pura II BIM karena dinilai berkontribusi terhadap lingkungan sosial masyarakat. Pemerintah daerah juga berharap program tersebut terus berlanjut untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

"Kita berharap program TJSL BUMN terus berjalan sehingga membantu masyarakat yang terkendala biaya untuk pengobatan dan sejenisnya," harap dia.

Baca juga: Baznas salurkan logistik dan kaki palsu pada Lebaran Yatim 2024
Baca juga: Polresta Malang Kota fasilitasi pembuatan kaki palsu untuk disabilitas

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024