Bagi Provinsi Lampung ke depan Kota Baru ini dirancang untuk menjadi pusat pertumbuhan dan juga sebagai batu lompatan....
Lampung Selatan (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Lampung Samsudin mengatakan bahwa kawasan Kota Baru dirancang bakal menjadi pusat pertumbuhan bagi Provinsi Lampung.
 
"Bagi Provinsi Lampung ke depan Kota Baru ini dirancang untuk menjadi pusat pertumbuhan dan juga sebagai batu lompatan yang akan memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian daerah," ujar Samsudin, di Lampung Selatan, Sabtu.
 
Ia mengatakan dengan infrastruktur modern, fasilitas umum yang memadai dan tata ruang yang terencana, kawasan Kota Baru diharapkan juga dapat menjadi pusat aktivitas ekonomi hijau.
 
"Sedangkan dari segi sosial ini bisa memajukan kesejahteraan masyarakat Lampung. Oleh karena itu, saya mengajak semua elemen dari pemerintah, sektor swasta, tokoh masyarakat mari bersama mendukung agar pembangunan kota baru kita lanjutkan dan terwujud dengan sukses," katanya.
 
Dia melanjutkan, dengan dukungan serta kerja sama semua pihak, diharapkan pembangunan kawasan pusat pemerintahan di Provinsi Lampung itu dapat membawa manfaat yang besar sebagai seluruh masyarakat Lampung dan menjadi kebanggaan.
 
Tanggapan atas adanya rencana pembangunan serta diaktifkannya kawasan Kota Baru, dikatakan juga oleh salah seorang warga yang menyaksikan kegiatan upacara bendera perdana di Kota Baru dalam rangka memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.
 
"Hari ini datang sengaja ke Kota Baru selain untuk menonton upacara bendera, karena rumah di sekitar Institut Teknologi Sumatera (Itera). Sekalian jualan camilan serta minuman karena pasti ramai kegiatan di sini," ujar salah seorang warga Bandarlampung, Iwan
 
Menurut dia, kalau lokasi Kota Baru dapat dimanfaatkan dengan baik serta dapat dihidupkan kembali hingga ramai warga yang datang, maka akan membawa berkah bagi masyarakat sekitar.
 
"Kalau ramai pasti kami yang rumah sekitar sini berani jualan di sini, karena sekarang kami pedagang juga harus melihat peluang jualan dan pembeli," ujar dia.
 
Dia pun mengharapkan bila kawasan Kota Baru dapat kembali terbangun dapat berdampak positif bagi warga sekitar untuk meningkatkan perekonomian mereka.
 
Berdasarkan rancangan kawasan Kota Baru dibagi dalam beberapa kawasan, yaitu kawasan pusat pemerintahan dengan luas 434,73 hektare, pusat kota seluas 155,11 hektare, dan koridor pendidikan seluas 200,5 hektare.

Lalu perumahan seluas 263,17 hektare dengan asumsi luas minimal untuk perumahan seluas 123,17 hektare yang berisi 8.000 kepala keluarga dengan luas rumah per kepala keluarga 120 meter persegi.
 
Kemudian area pusat kota baru seluas 125,61 hektare yang merupakan area komersial yang menggabungkan konsep hunian dengan perdagangan.
 
Selanjutnya, taman hutan seluas 128,88 hektare yang merupakan area cadangan ruang hijau dan hutan kota yang diperuntukkan untuk kegiatan bumi perkemahan serta area konservasi.
Baca juga: Bappenas sebut pembangunan Kota Baru Lampung prospektif dilanjutkan
Baca juga: Bappenas sebut pemda perlu tarik minat masyarakat tinggal di Kota Baru

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024