Bandung (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin mengungkapkan bahwa tema HUT ke-79 RI yakni Nusantara Baru Indonesia Maju bukan sekedar slogan, tapi memiliki kandungan semangat yang dapat menggugah inovasi kita semua.

"Itu bukan sekedar slogan. Tema ini mengandung semangat yang menggugah kita semua untuk terus berinovasi, beradaptasi, dan bergerak maju dalam mewujudkan cita-cita besar bangsa ini," kata Bey dalam apel HUT ke-79 RI di Lapangan Gasibu Bandung, Sabtu.

Nusantara Baru, kata Bey, mencerminkan tekad untuk membangun Indonesia yang lebih inklusif, berdaya saing tinggi, dan berlandaskan nilai-nilai kebhinekaan yang dijunjung tinggi.

Dalam konteks Jawa Barat, lanjut Bey, Nusantara Baru berarti membangun Jabar dengan cara yang lebih inovatif dan berkelanjutan.

Sejauh ini, berbagai program pembangunan di Jawa Barat, mulai dari infrastruktur, pendidikan, kesehatan, hingga ekonomi, telah memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Namun, kita tidak boleh berpuas diri. Tantangan yang kita hadapi ke depan tidaklah ringan. Transformasi digital, perubahan iklim, dan dinamika global menuntut kita untuk terus beradaptasi dan memperkuat kolaborasi. Pemprov Jabar berkomitmen untuk terus mendorong inovasi di berbagai sektor, termasuk melalui pemanfaatan teknologi dan pemberdayaan sumber daya manusia yang unggul," ujarnya.

Lebih lanjut, Bey mengatakan melalui semangat Nusantara Baru, pihaknya juga ingin memastikan bahwa pembangunan yang kita lakukan tidak hanya berfokus pada pertumbuhan ekonomi semata, tetapi juga pada peningkatan kesejahteraan sosial dan pelestarian lingkungan.

"Jawa Barat memiliki potensi besar, baik dari segi sumber daya alam maupun sumber daya manusia, untuk menjadi motor penggerak utama dalam mewujudkan Indonesia yang maju dan sejahtera," ucapnya.

Karena itu, pada peringatan HUT RI ke-79, diharapkan untuk dijadikan sebagai momentum untuk memperkuat tekad dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Kita harus terus menjaga semangat gotong royong, saling menghormati, dan menghargai perbedaan sebagai kekuatan kita bersama. Saya mengajak seluruh masyarakat bersama isi kemerdekaan ini dengan karya dan prestasi. Mari kita wujudkan Nusantara Baru, Jawa Barat yang lebih maju, dan Indonesia yang lebih jaya," tutur Bey.

Baca juga: IKN diharap jadi representasi Nusantara baru yang pertahankan budaya

Baca juga: Paskibraka di IKN dibagi Tim Nusantara Baru dan Indonesia Maju

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024