Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin berpesan kepada Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka agar bisa bekerja fokus dalam menghadapi tantangan ke depan yang tidak mudah.

Pesan itu disampaikan Wapres Ma'ruf saat menghadiri Upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu, saat keduanya duduk berdampingan.

"Ngobrol biasa aja. Kita ke depan bahwa 'kan saya tinggal dua bulan, seterusnya Mas Gibran. Saya berharap Mas Gibran bisa bekerja baik, bisa fokus menghadapi tantangan ke depan yang diperkirakan tidak mudah," kata Wapres Ma'ruf saat memberikan keterangan di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu.

Dalam perbincangan bersama Gibran, Wapres Ma'ruf menekankan masa jabatannya yang tinggal dua bulan lagi. Hal itu mengingat jadwal pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih dilaksanakan pada 20 Oktober 2024.

Oleh karena itu, Wapres berharap Gibran dapat bekerja dengan baik dan fokus menghadapi tantangan yang tidak mudah, seperti masalah global dan nasional, geopolitik, pangan, hingga energi.

Baca juga: Wapres kenakan busana adat Pontianak hadiri upacara di Istana Merdeka

Wapres Ma'ruf Amin bersama Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka duduk berdampingan saat menyaksikan tayangan video Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur.

Wapres didampingi Ibu Wury Ma'ruf Amin mengenakan busana adat senada dari Suku Melayu Sambas dari Pontianak, Kalimantan Barat.

Sementara itu, Gibran didampingi Selvi Ananda mengenakan busana adat Lampung berwarna biru malam dengan hiasan kepala berwarna emas.

Selain upacara pagi, Wapres dan Ibu Wury Ma’ruf Amin juga dijadwalkan hadir mengikuti upacara penurunan bendera merah putih di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu sore.

Baca juga: Pakaian adat Wapres terinspirasi dari masyarakat di Sungai Kapuas
Baca juga: Gibran sapa dan berswafoto dengan tamu undangan di Istana Merdeka

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024