Kapuas Hulu (ANTARA) - Kepala Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Badau Wendelinus Fanu mengatakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia di PLBN Badau sebagai momentum untuk membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa di perbatasan Indonesia, wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

"Upacara HUT RI di PLBN Badau dipimpin Deputi Polhukam Sekretariat Kabinet, Purnomo Sucipto, tentunya sebagai momen untuk membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan serta menjaga keutuhan NKRI di perbatasan," kata Wendelinus Fanu, di Badau Kapuas Hulu, Sabtu.

Wendelinus Panu mengatakan kehadiran Deputi Polhukam Sekretariat Kabinet yang merupakan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di PLBN Badau merupakan simbol dan sebagai sarana untuk meningkatkan rasa persatuan, kesatuan, dan kepedulian terhadap perbatasan sebagai bagian integral dari negara.

Menurut dia, seluruh komponen di Kecamatan Badau hingga lapisan masyarakat sangat antusias mengikuti peringatan detik-detik kemerdekaan sehingga upacara HUT RI berjalan sukses dan meriah.

Wendelinus menyampaikan Upacara Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan di PLBN Badau merupakan wujud komitmen pemerintah untuk kawasan perbatasan negara, selaras dengan semangat program Nawacita yaitu membangun dari pinggiran.

Peringatan HUT Ke-79 RI Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menyiapkan pelaksanaan upacara bendera di 13 lokasi Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dari 15 PLBN yang tersebar di kawasan perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Di PLBN Badau, kata Wendelinus  peringatan HUT Ke-79 RI berlangsung meriah, selain hikmat pengibaran bendera merah putih, juga ada penampilan drum band Satgas Pamtas, tarian adat multi etnis dari para pelajar serta ada juga drama kolosal, pencak silat serta gerakan pangan murah dan ekspedisi merah putih.

"Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat hingga lapisan masyarakat, panitia, TNI dan Polri dan pihak lain di PLBN Badau yang turut menyukseskan peringatan HUT RI di perbatasan," katanya.
Baca juga: Sebanyak 1.185 orang siap ikuti upacara HUT RI di PLBN Badau Kalbar 
Baca juga: Imigrasi perketat pengawasan WNA di PLBN Badau perbatasan RI-Malaysia
Upacara peringatan HUT Ke-79 RI yang dilaksanakan di kawasan PLBN Badau perbatasan Indonesia-Malaysia, di Kecamatan Badau, wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, Sabtu (17/08/2024). ANTARA (Teofilusinato Timotius)

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024