Jakarta (ANTARA) - Penyanyi Kunto Aji berkesempatan menjadi petugas upacara bendera saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Semarang, Jawa Tengah.

Di akun Instagram miliknya @kuntoajiw, Kunto mengunggah dua foto yang menunjukkan dirinya dengan berseragam lengkap sedang hormat dan membacakan Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Di caption unggahannya, Kunto bercerita pengalaman unik itu bermula ketika dia tengah menggelar tur di Semarang yang waktunya bertepatan dengan hari perayaan kemerdekaan Indonesia.

Baca juga: Berseragam merah putih, warga Campurejo gelar upacara di Benteng Sata

Awalnya, dia berencana untuk membuat upacara bendera sendiri. Namun karena khawatir tidak bisa melakukannya dengan serius, Kunto memutuskan untuk ikut upacara bendera di SMA Negeri 1 Semarang.

"Kebetulan di Semarang kami akhirnya mencoba menghubungi SMAN 1. Eh malah ditawari menjadi petugas sekalian. Yaudah, masih pantes ini, sekalian bikin surprise saja, ternyata seru," kata Kunto dalam unggahannya, dikutip pada Sabtu.

Baginya, mengikuti upacara kemerdekaan bersama guru dan murid SMA Negeri 1 Semarang menjadi pengalaman yang menyenangkan sekaligus memberikan semangat untuk menjalani konser turnya esok hari.

Baca juga: Warga Kampung Aur Medan gelar upacara HUT RI di tengah Sungai Deli

"Dapet energi menyenangkan nih buat panggung tour tanggal 18 Agustus besok di MG Setos Semarang," ujar pelantun lagu "Terlalu Lama Sendiri" itu.

Kunto juga membagikan beberapa video singkat di Instagram story yang menampilkan persiapannya sebelum menjadi petugas upacara bendera dan momen-momen ketika upacara berlangsung, termasuk saat dia membacakan teks Pembukaan UUD 1945.

Kehadiran Kunto sebagai petugas upacara bendera lantas membuat murid-murid di SMA Negeri 1 Semarang merasa antusias di mana banyak dari mereka yang mengajak sang penyanyi berswafoto bersama.

Baca juga: Vidi Aldiano bawakan "Zamrud Khatulistiwa" jelang upacara HUT ke-79 RI

Baca juga: 50 petani Bali gelar upacara HUT RI di sawah, kaki Gunung Batukaru

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024