Jakarta (ANTARA) -
Psoriasis atau kondisi kulit gatal kronis dapat menyebabkan munculnya bercak tebal dan bersisik yang disebut plak.
 
Perawatan diri bersama dengan pengobatan dapat membantu untuk membentuk kebiasaan sehat pagi penderita psoriasis.
 
Ditulis laman Well and Good, Jumat (16/8), dokter kulit besertifikat di Union Square Laser Dermatology di New York Amerika Serikat Y. Claire Chang MD mengatakan menetapkan rutinitas pagi membantu menciptakan konsistensi untuk membantu mengobati psoriasis.
 
1. Mandi
 
"Mandi di pagi hari dapat sangat bermanfaat bagi penderita psoriasis untuk menghidrasi kulit dan melembutkan plak psoriasis," kata Dr. Chang. Air hangat dapat membantu menghilangkan sisik dengan lembut tanpa menyebabkan trauma pada kulit, imbuhnya.
 
Mandi membantu mempersiapkan kulit untuk penggunaan perawatan topikal dan pelembap. Kulit yang lembap dapat lebih mudah menyerap berbagai hal seperti pelembap dan perawatan topikal lainnya.

Baca juga: Kerentanan terhadap stres tingkatkan risiko psoriasis pada pria
 
2. Oleskan pelembab
 
Pelembab penting untuk memberikan hidrasi pada kulit dan membantu melindungi lapisan kulit.
 
"Mereka yang menderita psoriasis biasanya memiliki tingkat kehilangan air transepidermal (TEWL) yang lebih tinggi dan tingkat hidrasi kulit yang lebih rendah," kata Dr. Chang.
 
Pada orang yang menderita psoriasis, penggunaan emolien dapat meningkatkan fungsi penghalang kulit, menurut sebuah studi kecil Juli 2021 di Life (Basel) .
 
Cari bahan yang melembabkan seperti ceramide, asam hialuronat, dan gliserin yang efektif menjaga lapisan pelindung kulit. Bahan yang menenangkan juga dapat membantu seperti oatmeal, lidah buaya dan niacinamide.

Baca juga: Mengenal psoriasis dan menangani dampak psikologis
 
3. Oleskan SPF
 
Terlepas dari apakah Anda menderita psoriasis atau tidak, penggunaan SPF setiap pagi adalah suatu keharusan. Itu karena paparan sinar matahari berulang kali tanpa perlindungan dapat menyebabkan kerusakan foto, termasuk peningkatan risiko kanker kulit dan penuaan dini, kata Dr. Chang.
 
Orang dengan psoriasis memiliki risiko lebih besar terhadap kerusakan akibat sinar matahari karena lapisan kulit mereka yang rusak, yang dapat membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan UV, kata Dr. Chang.
 
Selain itu, perawatan tertentu untuk psoriasis—seperti retinoid topikal dan asam salisilat—dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari, imbuhnya. Selain itu, psoriasis dapat menyebabkan hiperpigmentasi pascainflamasi (bercak yang lebih gelap) pada kulit.
 
4. Sinar matahari
 
Sinar matahari dalam jumlah yang terkontrol atau sinar UV bermanfaat karena UVB memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan yang terkait dengan psoriasis, serta memperlambat proliferasi cepat sel-sel kulit yang menjadi ciri khas psoriasis.
 
Menurut Dr. Chang, durasinya sekitar lima hingga 10 menit paparan sinar matahari setiap hari.
 
"Untuk mendapatkan jumlah sinar matahari yang tepat sekaligus meminimalkan risiko kerusakan kulit akibat sengatan matahari dalam jangka panjang, penting untuk memulai dengan sesi-sesi singkat," kata dr. Chang.
 
Ingatlah untuk selalu menggunakan SPF broadband di seluruh area kulit Anda, dan keluarlah pada jam-jam di bawah sinar matahari yang tidak terlalu terik, seperti pagi hari.

Baca juga: Stres dan cuaca bisa picu psoriasis
 
5. Konsumsi omega 3
 
Dr. Chang merujuk pada sebuah makalah Juli 2022 di Dermatologic Therapy yang menemukan bahwa pola makan rendah kalori, Mediterania, dan rendah protein atau vegetarian mungkin bermanfaat dalam mengurangi keparahan psoriasis.
 
Para peneliti juga menyimpulkan bahwa pola makan yang kaya akan asam lemak tak jenuh ganda omega-3 serta buah-buahan dan sayuran dapat mencegah psoriasis kambuh. Beberapa makanan dengan omega-3 meliputi kacang kenari, salmon, dan minyak biji rami.
 
6. Kenakan pakaian yang menyerap keringat
 
Kulit yang terkena psoriasis sensitif dan sangat rentan terhadap iritasi Pakaian yang ketat atau kasar dapat menyebabkan gesekan dan memperparah iritasi dan rasa gatal pada kulit.
 
Cobalah kenakan kain yang menyerap keringat dan ringan untuk meminimalkan iritasi dan mengurangi penumpukan keringat, yang dapat memperparah peradangan pada kulit, kata Dr. Chang. Jadi, saat Anda berpakaian untuk hari itu, pilihlah bahan seperti katun, linen, atau kain yang menyerap keringat lainnya.

Baca juga: Kata dermatolog soal penyebab telapak tangan gatal
 
7. Kelola stres
 
Menurut Harvard Health Publishing, para ilmuwan berhipotesis bahwa stres memicu pelepasan zat kimia dalam tubuh yang menyebabkan respons peradangan. Reaksi pro-inflamasi ini dapat menyebabkan psoriasis kambuh.
 
Oleh karena itu, penting untuk belajar mengendalikan stres Anda. Menambahkan kebiasaan yang menenangkan di awal hari dapat membantu.
 
Berolahraga juga merupakan cara yang bagus untuk menghilangkan stres (dan menjaga kesehatan secara keseluruhan). Ditambah lagi, berolahraga juga memiliki beberapa manfaat untuk psoriasis, kata Dr. Chang.
 
8. Berhenti merokok
 
Meskipun hubungan antara merokok dan psoriasis tidak sepenuhnya jelas, dokter memiliki beberapa teori—salah satunya adalah bahwa merokok meningkatkan molekul tertentu yang mengatur sistem kekebalan tubuh, menurut National Psoriasis Foundation.
 
Molekul ini termasuk radikal bebas, dan sitokin yang mengganggu interaksi sel ke sel dan memicu respons imun untuk berkontribusi terhadap psoriasis.
 
Jika Anda menderita psoriasis, sebaiknya periksakan diri ke dokter setidaknya setiap enam bulan, menurut Harvard Health Publishing. Sementara itu, pantau kulit Anda dengan saksama. Jika melihat adanya perubahan atau ruam yang tidak kunjung hilang (atau bertambah parah), segera temui dokter.

Baca juga: Dokter spesialis kulit bagikan gejala seseorang terkena psoriasis

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024