Meskipun hujan sangat deras, antusiasme para relawan dan warga luar biasa
Samarinda (ANTARA) -
Para relawan petugas pemadam kebakaran (PMK) dan seribuan warga Samarinda, Kalimantan Timur menunjukkan semangat nasionalisme dengan mengibarkan bendera merah putih dengan khidmat di simpang empat Jalan S Parman, meskipun hujan deras mengguyur 'Kota Tepian'.
 
"Prosesi ini merupakan bagian dari peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-79 dan telah menjadi tradisi tahunan sejak 2020," kata Ketua Relawan Info Taruna Samarinda Joko Iswanto kepada di Samarinda, Sabtu.
 
Dia menyampaikan bahwa kegiatan ini telah memasuki tahun kelima. Sejak 2020, pihaknya dengan 60-an satuan relawan maupun instansi rutin mengadakan pengibaran bendera di simpang empat Mall Lembuswana.
 
"Meskipun hujan sangat deras, antusiasme para relawan dan warga luar biasa. Sekitar seribu orang hadir untuk penghormatan bendera di lokasi," ujar pria yang akrab disapa Jokis.

Baca juga: Trenggono: Upacara HUT RI di pulau terluar bentuk perhatian pemerintah
 
Pelaksanaan acara dimulai pukul 11.00 WITA dengan menyalakan sirine selama satu menit, diikuti dengan penghormatan dan pengibaran bendera di unit tangga truk Damkar setinggi 25 meter.
 
"Walaupun hujan deras, acara tetap dilaksanakan hingga selesai. Ada 63 satuan relawan yang terlibat, termasuk dari berbagai instansi seperti KPLP, Dishub, dan Satlantas Polresta Samarinda yang mengatur lalu lintas," tambah Joko.
 
Persiapan acara dimulai sejak pukul 09:00 Wita, dengan detik-detik pengibaran bendera tepat pada pukul 11:00 WITA.
 
"Biasanya kalau hujan, orang-orang bubar. Tetapi kali ini, semua malah mendekat dan semakin ramai, khidmat pengibaran merah putih semakin terasa berkobar," kata Jokis.
 
Joko menambahkan bahwa persiapan prosesi pengibaran ini cukup singkat, hanya sekitar empat hari.
 
"Saya bertemu dengan Pak Kepala Disdamkar empat hari yang lalu. Meski dengan persiapan singkat, tapi antusiasme masyarakat dan relawan luar biasa. Meskipun hujan semakin deras, mereka tetap bertahan sampai acara selesai," jelasnya.
 
Kepala Disdamkar Samarinda Hendra AH memberikan apresiasi tinggi terhadap inisiatif para relawan.
 
"Kami mengapresiasi inisiatif para relawan mengibarkan bendera merah putih di simpang empat Jalan Mall Lembuswana. Ini bentuk nasionalisme warga Samarinda. Kami dukung itu," ujarnya.

Baca juga: Menaker: HUT ke-79 RI momentum bangun Indonesia lebih maju
Baca juga: Berseragam merah putih, warga Campurejo gelar upacara di Benteng Sata

Pewarta: Ahmad Rifandi
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024