ini momen yang bagus sekali
Jakarta (ANTARA) - Puluhan warga yang berada di seberang Istana Merdeka, Jakarta Pusat akhirnya meninggalkan kawasan Monumen Nasional (Monas) itu dengan tertib setelah mengikuti upacara Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Sabtu, sekitar pukul 11.30 WIB.

"Kami bubar dan hari ini momen yang bagus sekali," kata salah satu warga, Suhartini (61) di Jakarta. 

Ia mengatakan sebagai rakyat dirinya senang dan bersemangat datang ke lokasi itu untuk mengikuti prosesi upacara, meski acaranya sendiri dipusatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Meski dipusatkan di IKN, kami di sini tetap ikut upacara di sini," kata wanita asal Solo ini.

Ia mengaku datang ke lokasi ini sejak pukul 07.00 WIB dan peminatnya cukup ramai meski tidak seperti tahun lalu.

Baca juga: Warga seberang Istana Merdeka khidmat ikuti penaikan bendera

"Kami masih antusias dan menghormati proses upacara ini," kata dia.

Sementara itu warga lainnya Gusman Mukhlis mengatakan proses upacara yang digelar di dua lokasi di IKN dan Jakarta, juga masih bagus.

"Bagus sekali, ada dua tempat pelaksanaan Peringatan Upacara Detik-Detik Proklamasi," kata dia.

Sebelumnya, mereka sudah datang dari pagi hari ke lokasi itu dan sengaja datang ke kawasan Istana Merdeka ingin melihat secara langsung proses Upacara Peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia secara hibrida pada tahun ini.

"Saya sengaja datang ke sini dari Palu ingin melihat secara langsung peringatan detik proklamasi tapi tidak diperkenankan masuk," kata warga Palu, Warni Tahaparo.

Baca juga: Warga antusias sambut pelepasan merpati putih di Istana Merdeka

Dirinya bersama sang suami sudah di Jakarta sejak tiga hari dan sengaja datang ke sini untuk menghadiri Upacara Peringatan Proklamasi meski dipusatkan di Ibu Kota Nusantara.

"Saya tidak memiliki undangan tapi tetap semangat ke sini menggunakan pakaian merah putih," kata dia.

Rangkaian agenda peringatan HUT Ke-79 RI tahun ini digelar di dua lokasi secara serentak dan terhubung (hibrida) yaitu di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN) dan di Istana Merdeka Jakarta.

Presiden Joko Widodo memimpin langsung Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka HUT Ke-79 RI di Istana Negara IKN. Sementara, Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin upacara di Istana Merdeka Jakarta

HUT ke-79 RI juga menjadi momentum istimewa karena untuk pertama kalinya bendera pusaka dikibarkan saat peringatan HUT RI di ibu kota baru.

Baca juga: Puluhan warga hadiri peringatan proklamasi di seberang Istana Merdeka

Tahun ini, tema HUT RI adalah "Nusantara Baru lndonesia Maju" yang menunjukkan momentum transisi Indonesia yakni dalam menyongsong ibu kota baru dan transisi pemerintahan.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024