Jakarta (ANTARA) - Orkestra dan paduan suara nasional Gita Bahana Nusantara membawakan sejumlah lagu nasional dan daerah untuk menyemarakkan upacara detik-detik proklamasi memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia, di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu.

Dipimpin oleh konduktor muda Eki Satria, Gita Bahana Nusantara membawakan sejumlah lagu nasional dengan penuh semangat, seperti lagu "Hari Merdeka," karya Husein Mutahar serta lagu "Berkibarlah Bendera Negeriku," ciptaan Gombloh yang diaransemen oleh Singgih Sanjaya.

Tidak berhenti sampai di situ, mereka juga membawakan secara medley lagu-lagu daerah yang menjadi cerminan keragaman budaya Indonesia.

Baca juga: Lantunan GBN hibur tamu di Istana Merdeka jelang upacara HUT ke-79 RI

Medley tersebut terdiri atas lagu "Jali-Jali," "Tutukoda", "Gending Sriwijaya", "Kampuang Nan Jauh di Mato", "Sipatokaan", dan "Rasa Sayange". Lagu-lagu tersebut diaransemen oleh Purwacaraka.

Penampilan Gita Bahana Nusantara ini sekaligus menjadi penutup rangkaian upacara detik-detik proklamasi memperingati HUT ke-79 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta.

Gita Bahana Nusantara, yang merupakan representasi "Indonesia mini," terdiri atas orkestra dan paduan suara yang menjadi wadah ekspresi seni dan budaya bagi generasi muda.

Baca juga: Kemendikbud dekatkan orkestra lewat Konser Gita Bahana Nusantara

Gita Bahana Nusantara beranggotakan 191 putra-putri terbaik dari seluruh provinsi di Indonesia dan telah diseleksi melalui proses audisi ketat. Mereka tampil dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Tanah Air yang mencerminkan kekayaan budaya Indonesia.

Rangkaian agenda peringatan HUT Ke-79 RI tahun ini digelar di dua lokasi secara serentak dan terhubung (hybrid) yaitu di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN) dan di Istana Merdeka Jakarta.

Presiden Joko Widodo memimpin langsung Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka HUT Ke-79 RI di Istana Negara IKN. Sementara, Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin upacara di Istana Merdeka Jakarta.

Baca juga: Gita Bahana Nusantara ajang pupuk nasionalisme anak muda

HUT ke-79 RI juga menjadi momentum istimewa karena untuk pertama kalinya bendera pusaka dikibarkan saat peringatan HUT RI di ibu kota baru.

Tahun ini, tema HUT RI adalah "Nusantara Baru lndonesia Maju" yang menunjukkan momentum transisi Indonesia yakni dalam menyongsong ibu kota baru Nusantara, dan transisi pemerintahan.

Baca juga: 191 peserta Gita Bahana Nusantara tampil pada HUT RI di Istana Merdeka

Baca juga: Kemendikbudristek buka audisi Gita Bahana Nusantara mulai Maret 2024

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024