Di usia kemerdekaan yang ke-79 ini, kita harus terus menjaga semangat dan saling menguatkan, saling bergotong-royong untuk menjaga nilai-nilai Pancasila, terus melangkah ke depan...
Medan (ANTARA) - Warga Kampung Aur, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara, menggelar upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI dengan cara yang unik dengan melakukannya di tengah-tengah Sungai Deli pada Sabtu.

Mereka ramai-ramai melaksanakan upacara kemerdekaan di aliran Sungai Deli, Medan, dimana sebagian warga yang terdiri anak-anak, dewasa, hingga orang tua turun ke sungai untuk mengikuti rangkaian acara kemerdekaan dengan khidmat.

Upacara kemerdekaan dimulai pukul 10.20 WIB. Meskipun volume air Sungai Deli tampak sedikit naik dari biasanya, namun hal tersebut tak melunturkan semangat masyarakat dan pengunjung untuk menyaksikan pengibaran bendera.

Baca juga: Meski mendung, lapangan Istana IKN memukau jelang detik Proklamasi

Kepala Lingkungan 4 Kampung Aur, Adnan mengajak masyarakat untuk terus mempererat tali persaudaraan dan saling membantu agar terciptanya kerukunan dan kehidupan bersosial yang harmonis.

“Di usia kemerdekaan yang ke-79 ini, kita harus terus menjaga semangat dan saling menguatkan, saling bergotong-royong untuk menjaga nilai-nilai Pancasila, terus melangkah ke depan dengan visi misi yang ada dan tekad yang bulat,“ ujarnya.

Baca juga: Amphibi siapkan kubus apung penahan sampah di Sungai Deli

Sementara itu tokoh masyarakat setempat Safri Tanjung juga mengatakan bahwa upacara di aliran Sungai Deli rutin dilakukan setiap tahun sebagai bentuk kritik dan menyadarkan elemen masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai.

"Dari kami mengedukasi warga untuk tidak buang sampah di sungai. Kami bentuk bank sampah dan sudah berjalan dua tahun. Saat ini sudah 400 kg sampah tidak ada ke sungai, sehingga bisa membuat kebersamaan menjaga lingkungan," katanya.

Baca juga: Wali Kota Medan: 2024 ada denda Rp10 juta buang sampah ke Sungai Deli

 

Pewarta: Juraidi dan Dina Purnama
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024