Kota Bandung (ANTARA) - Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono menyampaikan bahwa peringatan HUT ke-79 RI harus menjadi momentum untuk menguatkan optimisme bangsa dengan kemampuan bekerja keras sebagaimana semangat persatuan dari para pahlawan saat merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

“Optimisme ini pernah kita buktikan saat menghadapi berbagai tantangan seperti pada peristiwa Bandung Lautan Api 1946, memperjuangkan hak-hak negara yang terjajah pada Konferensi Asia Afrika 1955, dan menuntaskan pandemi COVID-19 beberapa waktu lalu," kata Bambang di Bandung, Sabtu.

Bambang menyebut semangat optimisme ini juga bisa membuat pertumbuhan ekonomi Kota Bandung tumbuh sebesar 5,07 persen pada tahun 2023. Lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,05 persen serta lebih baik dibandingkan Provinsi Jawa Barat sebesar 5 persen.

Begitu pula Indeks Pembangunan Manusia tahun 2023 tumbuh sebesar 83,29 poin, lebih tinggi dibandingkan capaian tahun 2022 sebesar 82,52 poin. Tingkat kemiskinan pun berkurang dalam tiga tahun terakhir ini yakni 3,96 persen tahun 2023, 4,25 persen tahun 2022 dan 4,37 persen tahun 2021.

"Kita patut bersyukur berbagai prestasi yang diraih pada periode 2018 hingga hari ini, lebih dari 453 penghargaan dari berbagai level baik regional, nasional dan internasional," kata dia.

Menurut dia, nilai-nilai perjuangan dan optimisme ini pula yang harus menjadi identitas saat menghadapi Pilkada Serentak yaitu pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta wali kota dan wakil wali kota pada 27 November 2024.

"Partisipasi pemilih dan kelancaran proses demokrasi itu akan menjadi bagian dari dukungan warga Kota Bandung pada tema Nusantara Baru Indonesia Maju," kata Bambang.

Ia pun berdoa semoga para pejuang kemerdekaan yang telah tiada diampuni segala dosa dan khilaf nya untuk mendapatkan tempat mulia dalam pandangan Allah SWT.

"Begitu pula kepada para pejuang kemerdekaan yang masih hidup semoga tetap diberi kekuatan dan kesehatan agar bisa membimbing kita menjaga nilai-nilai perjuangan dan menegakkan harga diri bangsa yang bermartabat," katanya.

Baca juga: Bupati Ipuk kenakan baju adat Minang saat upacara HUT RI di Banyuwangi

Baca juga: Mencintai Indonesia dengan segala cara


Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024