Jakarta (ANTARA) - Sejumlah bahan alami memiliki kandungan yang membantu seseorang meredakan PMS (premenstrual syndrome) seperti mual dan kram.

Buah malaka, pisang, kurma, kenari, jahe, dan teh herbal adalah sumber nutrisi yang dapat membantu meredakan PMS atau gejala menstruasi seperti perubahan suasana hati, kembung, kram, dan mual, menurut berbagai sumber yang dilansir di Jakarta, Jumat.

Buah malaka memiliki buah yang kaya akan vitamin C dan antioksidan, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.

Pisang mengandung vitamin B6 yang dapat membantu meringankan perubahan suasana hati dan mengurangi kembung saat PMS. Selain itu, pisang terkenal menyediakan sumber energi yang cepat dan membantu mengatur buang air besar.

Meredakan PMS juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi kurma, sumber zat besi alami yang dapat membantu melawan potensi kehilangan zat besi selama menstruasi. Kurma juga mengandung serat dan gula alami yang dapat memberikan energi.

Kenari juga dapat dikonsumsi untuk mengurangi kram dan ketidaknyamanan saat menstruasi berkat kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi dan memiliki sifat anti-inflamasi. 

Kram saat PMS juga bisa diatasi dengan mengonsumsi jahe, yang memiliki sifat anti-inflamasi. Jahe juga bisa dikonsumsi untuk meringankan mual.

Selain berbagai buah, teh herbal seperti kamomil, peppermint dan daun rasberi memberi efek menenangkan pada tubuh, membantu mengendurkan otot dan mengurangi rasa sakit, serta mendukung kesehatan reproduksi secara keseluruhan.

Aroma dan kehangatan teh bisa membantu pikiran menjadi rileks, yang sangat membantu ketika PMS menimbulkan gejala kecemasan.

Jika rasa sakit saat PMS masih terus berlangsung meskipun sudah mengonsumsi obat rumahan atau pereda nyeri yang dijual bebas, berkonsultasilah kepada dokter untuk mendapatkan penanganan lanjutan.

Penerjemah: Abdu Faisal
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024