Jadi ini adalah bagian dari kebersamaan dan persatuan kita.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memimpin upacara peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta.

Menparekraf mengenakan setelah pakaian adat suku Dayak dari Berau, Kalimantan Timur, lengkap dengan aksesoris kepala bertindak sebagai inspektur upacara, dan diikuti oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, pelajar, Bupati Kepulauan Seribu, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Daerah Khusus Jakarta serta disaksikan oleh masyarakat setempat.

Upacara Peringatan Detik-detik Kemerdekaan RI dimulai sekitar pukul 10.00 WIB di Lapangan Pulau Pramuka dan berlangsung kurang lebih selama 30 menit.

Menparekraf memaknai perayaan kali ini sebagai momentum merayakan kebersamaan dan persatuan Indonesia.

"Jadi ini adalah bagian dari kebersamaan dan persatuan kita," ujar Sandiaga.

Dalam kesempatan yang sama, Menpora Dito Ariotedjo memaknai perayaan HUT RI yang digelar di pulau yang masuk dalam kategori 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) untuk mengingat jasa besar pahlawan kemerdekaan serta sebagai momentum untuk merefleksi agar generasi mendatang agar dapat memajukan sektor olahraga.

"Selain kita mengingat jasa para pahlawan kita dulu, tentu bagaimana kita merefleksikan dengan kemerdekaan ini kita bisa memajukan generasi muda kita dan khususnya olahraga," katanya pula.

Menpora hadir dalam upacara HUT RI dengan mengenakan seragam defile yang dikenakan kontingen Indonesia dalam Olimpiade Paris 2024 yang didesain oleh Didiet Hediprasetyo.

Dito juga menyebut, torehan prestasi kontingen Indonesia yang berhasil membawa pulang dua medali emas dan satu perunggu dalam Olimpiade Paris diharapkan menjadi kado bagi negara.

Usai melangsungkan upacara HUT RI, Menpora dan Menparekraf akan menjajal atraksi wisata olahraga di Pulau Pramuka.
Baca juga: Menteri Bintang hadiri HUT RI di desa terpencil Lombok, ini alasannya
Baca juga: Kapolri ajak kobarkan semangat dan tekad baru dalam rangka HUT RI

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024