Kehadiran kami ini sebagai bentuk upaya pemerintah pusat untuk memastikan semua lapisan masyarakat turut merasakan euforia kemerdekaan, meski berada jauh dari pusat kota
Mataram (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga melaksanakan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Desa Loyok, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kehadiran kami di Desa Loyok ini merupakan amanah langsung dari Presiden Joko Widodo dan menginstruksikan kepada para menteri untuk turun langsung merayakan kemerdekaan di daerah terluar, terpencil dan terjauh (3T)," kata Menteri Bintang Puspayoga usai apel HUT RI di Lombok Timur, Sabtu.

Peringatan upacara HUT ke-79 RI  di Desa Loyok tersebut diselenggarakan oleh sekolah perempuan setempat sebagai bagian dari perayaan kemerdekaan di wilayah terpencil.

Baca juga: Meski mendung, lapangan Istana IKN memukau jelang detik Proklamasi

"Kehadiran kami ini sebagai bentuk upaya pemerintah pusat untuk memastikan semua lapisan masyarakat turut merasakan euforia kemerdekaan, meski berada jauh dari pusat kota," katanya.

Pada peringatan HUT RI 2024, kata dia, sembilan menteri ditugaskan hadir di Ibu Kota Nusantara (IKN), sembilan lainnya di berbagai daerah, termasuk dirinya yang berkesempatan merayakan kemerdekaan bersama masyarakat di Desa Loyok, Kabupaten Lombok Timur.

Ia mengatakan ini adalah pertama kalinya dirinya menjadi inspektur upacara di tingkat desa, meski sudah sering turun ke lapangan dalam tugas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, momen memimpin upacara di pelosok desa dianggapnya sebagai pengalaman yang istimewa.

Baca juga: Presiden terpilih Prabowo hadiri Upacara HUT RI di IKN

“Saya sangat bangga bisa berada di sini dan menyaksikan betapa hebatnya perempuan-perempuan di Desa Loyok. Meski tinggal di wilayah terpencil, semangat mereka dalam memperingati kemerdekaan sungguh luar biasa,” katanya.

Ia menambahkan kehadirannya menjadi bukti bahwa perayaan kemerdekaan dilaksanakan oleh semua lapisan masyarakat, baik pemerintah maupun masyarakat secara luas.

"Perayaan di tingkat desa seperti ini menjadi bukti bahwa kemerdekaan tidak hanya dirayakan di kota-kota besar, tetapi juga di pelosok-pelosok negeri Indonesia," kata Menteri Bintang Puspayoga.

Baca juga: Tim Nusantara Baru siap kibarkan Sang Merah Putih di IKN
Baca juga: Paskibraka di IKN dibagi Tim Nusantara Baru dan Indonesia Maju
Baca juga: Pelajar Kaltim Livenia terpilih bawa baki Sang Saka Merah Putih di IKN


Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024