Jakarta (ANTARA) - Plt. Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Tomsi Tohir memimpin Upacara Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Lingkungan Kemendagri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Sabtu.

Upacara tersebut berlangsung di Halaman Gedung A Kantor Kemendagri dan diikuti jajaran pejabat beserta staf dari seluruh komponen Kemendagri dan BNPP.

Dalam prosesi itu, Tomsi mengenakan pakaian adat Lampung dengan kombinasi penutup kepala bercorak keemasan, baju berwarna hitam, dan kain tapis.

Sementara itu, para peserta menggunakan seragam batik Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri).

Pada kesempatan tersebut, Tomsi membacakan teks proklamasi yang disimak dengan khidmat oleh peserta upacara.

"Proklamasi. Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain, diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Jakarta, 17 Agustus 1945. Atas nama bangsa Indonesia, Soekarno-Hatta,” ujar Tomsi membacakan.

Lebih lanjut, dalam upacara ini, Tomsi juga menyerahkan penganugerahan tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya dan Satyalancana Karya Satya secara simbolis kepada sejumlah pejabat di Kemendagri.

Adapun pejabat penerima penghargaan Satyalancana Wira Karya yakni Amran yang merupakan Direktur Kawasan Perkotaan dan Batas Negara Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kemendagri.

Sementara itu, penghargaan Satyalancana Karya Satya diberikan kepada 336 pegawai di lingkungan Kemendagri.

Penghargaan itu diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, negara, dan pemerintah.

Selain itu, penghargaan ini diberikan atas kinerja PNS tersebut yang telah menjalankan tugas dengan disiplin tinggi paling singkat 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun.

Hadir pada upacara tersebut, Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri Teguh Setyabudi, Dirjen Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kemendagri La Ode Ahmad Pidana Bolombo, Pelaksana Harian (Plh.) Dirjen Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kemendagri Horas Maurits Panjaitan, Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Hadi Prabowo, dan sejumlah pejabat terkait lainnya.
Baca juga: Kemendagri: Kolaborasi pentahelix wujudkan kota adaptif di masa depan
Baca juga: Warga antusias sambut pelepasan merpati putih di Istana Merdeka

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024