Jakarta (ANTARA) - Ratusan warga yang berada di seberang Istana Merdeka, Jakarta Pusat, antusias menyambut pelepasan puluhan merpati putih jelang peringatan detik-detik dan pembacaan teks proklamasi yang dibacakan Ketua DPR RI Puan Maharani dari Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sorakan dan tepuk tangan bergema dari ratusan warga yang berjejer di silang Monumen Nasional (Monas) depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Sabtu. 

Pelepasan merpati itu dilakukan sekitar pukul 10.00 WIB dan seketika ruang udara di depan Istana Merdeka penuh dengan merpati putih yang berterbangan.

Kondisi ini disambut riuh oleh masyarakat yang hadir di seberang Istana Merdeka untuk menyaksikan peringatan ini secara langsung.

Mereka datang dengan pakaian ornamen merah putih baju, kerudung dengan ornamen merah putih. Ada juga yang membawa pita merah putih diikat di kepala, bahkan memakai stiker merah putih di wajah mereka.

Baca juga: Rutan Salemba beri remisi untuk 1.115 narapidana saat HUT ke-79 RI

Hingga pukul 10.17 WIB ratusan warga tetap bertahan mengikuti upacara yang digelar hibrida di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Istana Merdeka Jakarta.

"Saya khusus datang ke sini karena belum pernah sebelumnya," kata warga Purbalingga, Jawa Tengah,  Ani (25).

Ia mengaku sudah dua tahun tinggal di Jakarta dan di tahun sebelumnya melihat warga berbondong-bondong ke sini saat peringatan HUT Republik Indonesia.

"Dulu, saya lihat ada karnaval tapi hari ini tidak ada karnaval seperti tahun lalu," kata dia.

Sementara, sebagian masyarakat mengikuti prosesi Upacara Detik-Detik Proklamasi berjarak sekitar 100 meter dari lokasi upacara di dalam Istana Merdeka.

Baca juga: Sekda DKI soroti perubahan status Jakarta dalam upacara HUT ke-79 RI

Rangkaian agenda peringatan HUT Ke-79 RI tahun ini digelar di dua lokasi secara serentak dan terhubung (hibrida) yaitu di Istana Negara IKN dan di Istana Merdeka Jakarta.

Presiden Joko Widodo memimpin langsung Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka HUT Ke-79 RI di Istana Negara IKN. Sementara, Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin upacara di Istana Merdeka Jakarta

HUT ke-79 RI juga menjadi momentum istimewa karena untuk pertama kalinya bendera pusaka dikibarkan saat peringatan HUT RI di ibu kota baru.

Tahun ini, tema HUT RI adalah "Nusantara Baru lndonesia Maju" yang menunjukkan momentum transisi Indonesia yakni dalam menyongsong ibu kota baru dan transisi pemerintahan.

Baca juga: Puluhan warga hadiri peringatan proklamasi di seberang Istana Merdeka

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024