IKN (ANTARA) - Presiden terpilih Prabowo Subianto turut menghadiri upacara peringatan HUT Ke-79 Republik Indonesia yang berlangsung di halaman Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Sabtu pagi.

Kehadiran Prabowo melengkapi perhelatan upacara yang diselenggarakan di lapangan terbuka yang megah dan penuh dengan ornamen kebangsaan.

Dalam acara tersebut, Prabowo duduk di barisan depan bersama Presiden Joko Widodo, di Panggung Kehormatan yang disiapkan khusus untuk para tamu penting.

Upacara ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi hingga tokoh masyarakat, dengan pengamanan ketat dari Paspampres serta TNI Polri.

Rangkaian agenda peringatan HUT Ke-79 RI tahun ini digelar di dua lokasi secara serentak dan terhubung (hybrid) yaitu di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN) dan di Istana Merdeka Jakarta.

Presiden Joko Widodo memimpin langsung Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka HUT Ke-79 RI di Istana Negara IKN. Sementara Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin upacara di Istana Merdeka Jakarta.

HUT ke-79 RI juga menjadi momentum istimewa karena untuk pertama kalinya Bendera Pusaka dikibarkan saat peringatan HUT RI di ibu kota baru.

Tahun ini, tema HUT RI adalah "Nusantara Baru lndonesia Maju" yang menunjukkan momentum transisi Indonesia yakni dalam menyongsong ibu kota baru Nusantara, dan transisi pemerintahan.

Sejumlah pejabat tinggi negara yang turut hadir di IKN di antaranya Ketua MPR Bambang Susatyo, Ketua DPR Puan Maharani, para menteri kabinet seperti Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Juga Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Baca juga: Presiden kenakan baju adat Kalimantan Timur saat upacara di IKN

Baca juga: Wapres kenakan busana adat Pontianak hadiri upacara di Istana Merdeka

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024