Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengajak masyarakat untuk bisa menguatkan resiliensi atau ketahanan di ruang digital bertepatan dengan momen perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI sehingga Indonesia bisa memiliki kedaulatan digital yang mumpuni.

"Teknologi itu seperti pedang bermata dua, bisa membawa dampak positif, bisa juga memunculkan dampak negatif. Maka saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk memperkuat resiliensi dan memastikan kedaulatan digital yang tangguh bagi masyarakat di seluruh penjuru negeri," kata Budi Arie Setiadi kepada ANTARA, Sabtu.

Ia mengatakan salah satu langkah yang bisa dilakukan ialah dengan terus mengasah dan meningkatkan tingkat keterampilan digital masyarakat dalam memanfaatkan teknologi yang terus berkembang dari waktu ke waktu.

Baca juga: Menkominfo tekankan adaptasi digital menuju Indonesia Emas 2045

Hal itu dinilai dapat meningkatkan daya saing masyarakat di bidang digital sehingga nantinya Indonesia tidak hanya dipandang dunia sebagai negara target untuk pemanfaatan teknologi saja tapi juga menjadi negara yang bisa menciptakan teknologi sebagai solusi.

Maka dari itu, pemerintah dalam hal mendukung tumbuhnya inovasi digital bakal berfokus untuk meningkatkan daya saing dari talenta-talenta digital sehingga dapat memberikan efek berganda yang besar.

"Saya berharap inovasi teknologi difokuskan untuk memperkuat daya saing Indonesia di level global, dan di saat bersamaan juga mampu memberdayakan ekonomi masyarakat lokal," kata Budi.

Baca juga: Wamenkominfo tekankan pentingnya SDM kuasai teknologi terkini

HUT ke-79 RI menjadi momentum istimewa bagi Indonesia karena untuk pertama kalinya bendera pusaka dikibarkan saat peringatan HUT RI di ibu kota baru yakni Ibu Kota Nusantara.

Tahun ini, tema HUT RI adalah "Nusantara Baru lndonesia Maju" yang menunjukkan transisi Indonesia dalam menyongsong ibu kota baru Nusantara, dan transisi pemerintahan.

Memeriahkan perayaannya, rangkaian agenda peringatan HUT Ke-79 RI digelar di dua lokasi secara serentak dan terhubung (hybrid) yaitu di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN) dan di Istana Merdeka Jakarta.

Presiden Joko Widodo memimpin langsung Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka HUT Ke-79 RI di Istana Negara IKN. Sementara, Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin upacara di Istana Merdeka Jakarta.

Baca juga: Pemerintah gaet swasta beri sertifikasi mahasiswa di bidang "cloud"

Baca juga: Menko Perekonomian apresiasi Recak Digital Diskominfotik Gorontalo

Baca juga: Apiary Academy siapkan IPC 2024 untuk merangkul product leaders

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024