IKN (ANTARA) - Sejumlah pekerja konstruksi Ibu Kota Nusantara (IKN) turut menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Istana Negara Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Sabtu.

“Hari ini juga sangat istimewa karena kami juga ingin menyapa masyarakat sekitar IKN dan para pekerja konstruksi yang telah hadir di tengah kita,” ujar Sara Wayne selaku pembawa acara di Istana Negara Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Sabtu.

Para pekerja konstruksi pun melambai-lambaikan tangan ke arah kamera ketika disorot, serta terlihat menggunakan batik.

Lebih lanjut, Caesar Gunawan selaku pembawa acara turut menambahkan bahwasanya Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia memungkinkan untuk diselenggarakan di Istana Negara Ibu Kota Nusantara berkat kerja keras para pekerja konstruksi.

“Acara hari ini tidak lepas dari kerja keras para pekerja konstruksi yang tak kenal lelah mewujudkan Ibu Kota Nusantara sebagai masa depan Indonesia dan tentu saja masyarakat Kalimantan,” ucap Caesar.

Berdasarkan pantauan ANTARA, Proyek pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Nusantara (KIPP IKN) dihentikan menjelang Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia.

Berdasarkan pantauan ANTARA dari Sumbu Kebangsaan, Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Sabtu, tidak terdapat aktivitas konstruksi di KIPP IKN.

Gedung-gedung yang masih dalam tahap pembangunan, seperti gedung kementerian koordinator 1 hingga 4, terlihat ditutup dengan jaring-jaring hijau.

Alat berat seperti tower crane juga terlihat tidak menunjukkan aktivitas konstruksi.

Rangkaian agenda peringatan HUT Ke-79 RI tahun ini digelar di dua lokasi secara serentak dan terhubung (hybrid) yaitu di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN) dan di Istana Merdeka Jakarta.

Baca juga: ART antar tamu yang hadiri HUT Ke-79 RI di Istana Negara IKN

Baca juga: Ratusan tim kesehatan siap siaga di IKN untuk upacara HUT ke-79 RI


Presiden Joko Widodo memimpin langsung Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka HUT Ke-79 RI di Istana Negara IKN. Sementara, Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin upacara di Istana Merdeka Jakarta

HUT ke-79 RI juga menjadi momentum istimewa karena untuk pertama kalinya bendera pusaka dikibarkan saat peringatan HUT RI di ibu kota baru.

Tahun ini, tema HUT RI adalah "Nusantara Baru lndonesia Maju" yang menunjukkan momentum transisi Indonesia yakni dalam menyongsong ibu kota baru Nusantara, dan transisi pemerintahan.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024