Jakarta (ANTARA) - Alunan lagu dari Gita Bahana Nusantara (GBN) menghibur para tamu menjelang upacara peringatan detik-detik proklamasi merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia, di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu.

Berdasarkan pantauan streaming langsung dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu, Gita Bahana Nusantara tampil memukau di hadapan para tamu yang hadir di Istana Merdeka.

Gita Bahana Nusantara, yang merupakan representasi "Indonesia mini," terdiri dari orkestra dan paduan suara yang menjadi wadah ekspresi seni dan budaya bagi generasi muda.

Baca juga: Bendera dan Naskah Proklamasi tiba di Istana Merdeka

Gita Bahana Nusantara beranggotakan 191 putra-putri terbaik dari seluruh provinsi di Indonesia dan telah melalui proses audisi ketat. Mereka tampil dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Tanah Air yang mencerminkan kekayaan budaya Indonesia.

Dipimpin oleh konduktor muda Eki Satria, Gita Bahana Nusantara membawakan beberapa lagu untuk menghibur para tamu. Lagu pertama yang dibawakan adalah "Candra Buana," karya maestro musik Ismail Marzuki, Kemudian dilanjutkan dengan lagu "Nusantaraku," ciptaan A. Riyanto yang telah diaransemen ulang oleh Purwacaraka.

Gita Bahana Nusantara juga menyuguhkan lagu "Kalimantan," sebuah karya dari Guruh Soekarnoputra yang diaransemen oleh Arvin Witarsa.

Terdapat pula penampilan perwakilan Gita Bahana Nusantara dari Sumatera Utara Tri Handayani Daeli yang membawakan lagu "Melompat Lebih Tinggi" milik Sheila on 7 dan diaransemen oleh Aminoto Kosin. Lagu ini membawa suasana semakin ceria.

Gita Bahana Nusantara juga melantukan lagu "Elok Indonesiaku," yang dinyanyikan oleh Englandny, perwakilan dari Jambi, bersama Rahmat Zuanedi dari Gorontalo.

Rangkaian agenda peringatan HUT Ke-79 RI tahun ini digelar di dua lokasi secara serentak dan terhubung (hybrid) yaitu di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN) dan di Istana Merdeka Jakarta.

Presiden Joko Widodo memimpin langsung Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka HUT Ke-79 RI di Istana Negara IKN. Sementara, Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin upacara di Istana Merdeka Jakarta

HUT ke-79 RI juga menjadi momentum istimewa karena untuk pertama kalinya bendera pusaka dikibarkan saat peringatan HUT RI di ibu kota baru.

Tahun ini, tema HUT RI adalah "Nusantara Baru lndonesia Maju" yang menunjukkan momentum transisi Indonesia yakni dalam menyongsong ibu kota baru Nusantara, dan transisi pemerintahan.

Baca juga: Presiden sebut anggaran upacara HUT RI wajar naik karena di dua tempat

Baca juga: Upacara HUT RI di Jakarta dan IKN diadakan secara "hybrid"

Baca juga: TNI AD siapkan 199 personel untuk upacara di IKN dan Istana Merdeka

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024