Partai politik jangan hanya menghasilkan seorang politisi, tetapi memunculkan negarawan-negarawan yang baru"
Makassar (ANTARA News) - Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh menyindir negarawan yang disebutnya turun menjadi politikus dalam orasi politiknya di Makassar.

"Seorang negarawan seharusnya jangan turun jadi polikus karena Indonesia krisis negarawan," kata Surya di depan ribuan simpatisan di Makassar, Sabtu.

Usai orasi, Surya menegaskan Indonesia yang besar saat ini sedang defisit negarawan dan inflasi (kelebihan) politisi.

"Sukar kita memilih siapa negarawan di Indonesia ini," kata pendiri Partai Nasdem ini.

Surya nengatakan kondisi ini menjadi tantangan agar bisa melahirkan negarawan yang baru, termasuk tanggung jawab partai politik untuk mencetaknya.

"Partai politik jangan hanya menghasilkan seorang politisi, tetapi memunculkan negarawan-negarawan yang baru," harap Surya Paloh.

Surya Paloh juga menyinggung para pemimpin yang hanya melakukan kebijakan yang populis. "Itu kebijakan yang salah, harus dihentikan," tegasnya.

Kampanye Akbar Partai Nasdem di lapangan sepak bola Emmy Saelan ini juga menampilkan kelompok musik "Band Raja" dan beberapa penyanyi dangdut lokal untuk menarik simpatisan.

Melihat antusiasme simpatisan, Surya Paloh yakin partainya memenuhi target minimal empat kursi DPR RI dari daerah pemilihan Sulawesi Selatan.

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014