IKN (ANTARA) - Autonomous rail rapid transit (ART) atau yang dikenal dengan trem otonom mengantar para tamu yang menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia.

Berdasarkan pantauan ANTARA, para tamu diturunkan di Gedung Kementerian Koordinator 3, Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Nusantara (KIPP IKN), Kalimantan Timur, Sabtu.

Para tamu lantas diminta untuk menjalani proses screening sebelum memasuki Istana Negara IKN, yang menjadi lokasi Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh ANTARA, para tamu yang dapat menaiki ART bukan hanya undangan kenegaraan.

Masyarakat umum juga diperbolehkan untuk menaiki ART, selama memiliki kartu identitas atau ID card untuk menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia di Istana Negara IKN.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan masyarakat dapat menaiki kereta otonom atau autonomous rail transit (ART) dalam rangka merayakan HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 dengan gratis.

Baca juga: ART, moda transportasi anyar untuk ibu kota baru

PUPR sudah menyiapkan empat halte penjemputan untuk melayani masyarakat yang ingin menaiki kereta otonom atau autonomous rail transit(ART) dalam rangka merayakan HUT ke-79 RI.

Terdapat empat halte yang sedang dipersiapkan, yakni halte Sumbu Kebangsaan Barat, halte Hotel Nusantara, halte Bank Indonesia, serta halte Grande.

Baca juga: Menhub optimistis kereta otonom dapat beroperasi dengan baik di IKN

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024