Jakarta (ANTARA) - Bagi Anda yang ingin mengisi libur akhir pekan pada saat Hari Kemerdekaan RI di Jakarta, ada beberapa rekomendasi wisata dari Pemprov DKI yang bisa dikunjungi, mulai dari pameran seni kontemporer hingga Gemilang Silang Monas.

Berikut sejumlah acara yang direkomendasikan oleh Pemprov DKI Jakarta melalui akun Instagram @disparekrafdki untuk mengisi libur akhir pekan Anda.

1. Pameran: Rumpang, Rimpang, Rampung di TMII

Bagi Anda yang tertarik dengan dunia seni, tidak salah kalau menyempatkan diri untuk singgah ke Contemporary Art Gallery di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Pameran yang bertema Rumpang, Rimpang, Rampung; To Words Shfting Perspectives ini merupakan persembahan dari CultureLabe.

Pameran tersebut mencerminkan isu-isu sosial dan politik kontemporer yang menyoroti masalah kesetaraan gender, inklusivitas kecacatan, masalah lingkungan dan kesehatan mental.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi pameran tersebut silakan datang dan dibuka untuk umum mulai 17 Agustus hingga 30 September 2024 dan berbayar.

Untuk jam buka pameran tersebut yaitu dari jam 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.


2. Merdekaria Ancol

Pada momentum kemerdekaan Taman Impian Jaya Ancol menggelar sejumlah kegiatan mulai dari perlombaan khas 17 Agustusan pada pukul 09.00-13.00 WIB.

Pada hari yang sama ada pula kegiatan panjat pinang kolosal dari jam 14.00-15.00 WIB dan masih banyak kegiatan lainnya yang bisa dinikmati Anda beserta keluarga ketika berkunjung ke Ancol.

Yang pasti untuk masuk ke wahana tersebut, Anda harus menyiapkan uang karena semua berbayar.


3. Dendang Merdeka Kota Tua

Anda juga berlibur, sekaligus menikmati suasana Taman Fatahillah, Kawasan Kota Tua Jakarta, sambil berkeliling melihat peninggalan zaman penjajahan.

Anda juga dapat menyaksikan pertunjukan Dendang Merdeka yang diselenggarakan mulai dari jam 13.00 WIB hingga 22.45 WIB, tanpa dipungut biaya. 

 
Kelompok paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara (GBN) menggelar Konser Kemerdekaan bertajuk Harmoni Nusantara Generasi Emas di Taman Fatahillah Kota Tua, Jakarta, Sabtu (10/8/2024). Selain menggelar konser kemerdekaan di Taman Fatahillah, kelompok paduan suara dan orkestra yang terdiri dari 191 remaja yang direkrut dari 33 provinsi ini juga akan tampil pada upacara 17 Agustus di Istana Merdeka. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU


4. Gebyar Seni Budaya Setu Babakan

Jika Anda ingin melihat dan menyaksikan seni dan budaya khas Betawi, tampaknya harus datang dan berkunjung ke Setu Babakan di Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Pada Minggu (18/8) di Perkampungan Budaya Betawi, Setu Babakan, terdapat Gebyar Seni Setu Babakan, yang akan menampilkan beragam seni dan budaya Betawi kepada masyarakat yang datang.

Anda bisa menyaksikan mulai dari jam 09.00 - 21.00 WIB dan gratis.


5. Gemilang Silang Monas

Rekomendasi untuk Anda yang kelima yaitu acara Gemilang Silang Monas untuk menikmati konser musik, hingga atraksi air mancur menari dan juga atraksi video maping.

Gemilang Silang Monas ini dimeriahkan sejumlah artis Ibu Kota, seperti Arda Hatna, Badai, Sandrina, Band Angkasa dan lain sebagainya.

Acara tersebut diselenggarakan pada Sabtu dan Minggu (17-18/9) mulai dari jam 17.00 sampai dengan 22.00 WIB, gratis dan terbuka untuk umum.

Selain lima agenda tersebut, masih banyak lagi agenda yang dapat dinikmati Anda ketika berkunjung ke DKI Jakarta pada libur akhir pekan ini.
 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024