Kami ini semuanya pekerja konstruksi. Ada yang bekerja sebagai quality control, pimpinan tim, sampai para pekerja, yang hari ini diliburkan untuk menghadiri upacara hari ini
IKN (ANTARA) - Sejumlah tamu undangan dari berbagai kalangan mulai berdatangan di lapangan upacara halaman Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim), untuk menghadiri peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, Sabtu pagi.

Hingga pukul 08.00 WITA, para pekerja konstruksi IKN berpakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia tampak mengisi tempat duduk di sekitar blok D, tepatnya di area sekitar gerbang masuk lapangan upacara.

"Kami ini semuanya pekerja konstruksi. Ada yang bekerja sebagai quality control, pimpinan tim, sampai para pekerja, yang hari ini diliburkan untuk menghadiri upacara hari ini," kata Tim Pengelola Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) Suyanto.

Sementara itu konsultan konstruksi IKN Wildan Musmul (34) mengatakan mekanisme tiket masuk menuju area upacara diperoleh dari Sekretariat Presiden untuk masing-masing empat perwakilan paket proyek.

Baca juga: Meski mendung, lapangan Istana IKN memukau jelang detik Proklamasi

"Undangan saya karena saya terlibat di proyek ini, masing-masing paket proyek ditunjuk empat undangan," kata warga Jawa Tengah itu.

Ia mengatakan kedatangannya di lapangan upacara Istana Negara IKN dijemput oleh pihak panitia dari titik kumpul di kawasan HPK.  "Sudah difasilitasi ada titik kumpul dan dijemput sampai ke sini sampai lokasi dan dijemput lagi pulangnya," kata Suyanto.

Sementara itu area tamu VIP di sisi barat lapangan berkapasitas sekitar 375 bangku tampak mulai terisi sebagian. Area itu diperuntukkan bagi tamu undangan dari kalangan pimpinan industri konstruksi serta tokoh masyarakat.

Baca juga: Ratusan tim kesehatan siap siaga di IKN untuk upacara HUT ke-79 RI
 
Suasana area tamu VIP Lapangan Upacara Istana Negara IKN, Kalimantan Timur, yang mulai diisi peserta undangan HUT Ke-79 RI dari kalangan pimpinan perusahaan konstruksi, Sabtu (17/8/2024). (ANTARA/Andi Firdaus)



Sementara fasilitas mimbar kehormatan di sisi utara lapangan bagi tamu VVIP, di antaranya Presiden RI beserta Ibu Negara, presiden terpilih, Ketua MPR, Ketua DPR, Ketua DPD, Ketua BPK, Ketua Mahkamah Agung, Mensesneg, Menteri Agama, Menteri PUPR, Panglima TNI, serta Kapolri, belum terisi hingga dua jam menjelang pelaksanaan upacara.

Baca juga: Masyarakat antusias ikuti upacara HUT Ke-79 RI di IKN

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024