Jakarta (ANTARA) - Sejumlah tamu undangan mulai berdatangan ke Istana Merdeka, Jakarta untuk menghadiri Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT ke-79 Republik Indonesia sekitar pukul 10.00 WIB, Sabtu.

Mereka datang dengan mengenakan pakaian adat masing-masing daerah dan ada juga yang mengenakan batik serta kebaya formal.

Mereka datang dengan berjalan kaki dan diantar bus dari lokasi parkir di area Monas ke gerbang masuk Istana Merdeka.

Mereka masuk melalui sejumlah pintu gerbang yang sudah diatur oleh panitia.

Baca juga: Menteri KIM tiba di Istana Jakarta hadiri Anugerah Tanda Kehormatan

Petugas pengamanan istana juga menjaga gerbang yang menjadi lokasi masuk ke istana dan memeriksa undangan yang dibawa oleh tamu undangan.

Acara di Istana Merdeka sendiri akan mengikuti peringatan detik-detik proklamasi secara daring dari Ibu Kota Nusantara (IKN) yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo bersama Presiden RI terpilih Prabowo Subianto.

Sementara Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin bersama Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka akan mengikuti kegiatan di Istana Merdeka Jakarta.

Pasukan upacara dijadwalkan memasuki lapangan upacara serentak baik di Istana Merdeka Jakarta dan Istana Negara IKN dengan membunyikan terompet pertama pukul 09.40 WIB, terompet kedua pukul 09.44 WIB sebagai tanda akan mulainya Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi yang akan dipusatkan di IKN.

Baca juga: Heru Budi kukuhkan anggota Paskibraka DKI Jakarta

Sebelumnya Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin memimpin apel kehormatan dan renungan suci (AKRS) dalam rangka peringatan HUT Ke-79 RI di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama, Kalibata, Jakarta, Jumat tengah malam.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024