Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita menarik dari Jumat (16/8) dapat dibaca kembali hari ini, antara lain pagu anggaran 2025 difokuskan untuk penuhi kebutuhan-kesejahteraan guru, Menaker sebut PHK jalan terakhir hadapi krisis ekonomi global,

Ada juga Program PENA Kemensos berhasil cetak 31.658 pengusaha dan jangkau 3T.

Selengkapnya dapat dibaca di bawah ini.

1. Nadiem: Pagu anggaran 2025 fokus penuhi kebutuhan-kesejahteraan guru

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menjelaskan, kementerian akan memanfaatkan pagu anggaran 2025 untuk fokus memenuhi kebutuhan serta kesejahteraan guru maupun tenaga pendidik.

Dalam Konferensi Pers Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara serta Nota Keuangan TA 2025 di Jakarta pada Jumat, dia menyebut bahwa prioritas yang kedua yakni meningkatkan akses layanan pendidikan dan beberapa program unggulan Kemendikbudristek, seperti Program Indonesia Pintar dan Beasiswa Afirmasi untuk daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar).

2. WNI korban kerusuhan di Bangladesh tiba, dimakamkan di Semarang

Jenazah seorang warga negara Indonesia korban kerusuhan di Bangladesh telah tiba di Indonesia dan dimakamkan di Semarang, Jawa Tengah, menurut Kementerian Luar Negeri RI pada Jumat.

Menurut keterangan tertulis Kemlu RI, jenazah korban yang berinisial DU dan berusia 50 tahun itu tiba di Bandara Soekarno- Hatta pada Rabu (14/8). Direktorat Pelindungan WNI Kemlu kemudian menyerahkan jenazah kepada keluarga korban di Semarang pada Kamis (15/8), kata Kemlu.

3. Kemenkes pastikan akses pengobatan kanker dalam program JKN

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan akses pengobatan kanker dalam program Jaminan Kesehatan Nasional dengan mengupayakan ketahanan industri farmasi melalui pemantauan logistik dengan sistem digitalisasi.

Direktur Pengelolaan dan Pelayanan Kefarmasian Kemenkes Agusdini Banun Saptaningsih mengatakan di Jakarta, Jumat, bahwa pihaknya selalu berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan serta Komite Formularium Nasional (Fornas) untuk menyediakan pengobatan kanker. Menurutnya, rencana kebutuhan obat nasional harus dapat dipenuhi oleh industri domestik.

4. Program PENA Kemensos berhasil cetak 31.658 pengusaha dan jangkau 3T

Kementerian Sosial (Kemensos) mengatakan pemberdayaan melalui program Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA) berhasil mencetak 31.658 pengusaha baru yang sebelumnya terdaftar sebagai penerima bantuan sosial.

“Total jumlahnya 31.858 orang dan tersebar di seluruh Nusantara, termasuk di daerah 3T (terluar, terdepan dan terpencil),” kata Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dalam Rilis yang diterima di Jakarta, Jumat.

5. Menaker tegaskan PHK jadi jalan terakhir hadapi krisis ekonomi global

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menegaskan pihaknya akan memastikan kebijakan pemutusan hubungan kerja (PHK) merupakan jalan terakhir dalam merespon kondisi pelemahan perekonomian global.

“PHK sebagai jalan terakhir, tentu itu kita harapkan PHK jalan terakhir. Saya sebutkan bahwa PHK itu adalah jalan terakhir. Upaya-upaya untuk membangun kesepahaman antara pekerja dengan pengusaha akan terus dilakukan,” Ida mengatakan saat ditanyai oleh wartawan berkenaan dengan maraknya fenomena PHK belakangan ini.

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024