Surabaya (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur menggratiskan tarif bus Trans Jatim pada tanggal 17 Agustus 2024, yang merupakan salah satu rangkaian program peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI.
 
"Ini hadiah ulang tahun kemerdekaan untuk masyarakat," kata Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur, Nyono, di Surabaya, Sabtu.
 
Menurut dia, tarif bus Trans Jatim tersebut gratis untuk seluruh koridor yang dilalui bus tersebut. Kebijakan tersebut merupakan agenda tahunan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan.
 
Operasional Bus Trans Jatim secara gratis untuk masyarakat pada 17 Agustus 2024 tersebut diharapkan bisa memberi kebahagiaan bagi masyarakat dalam menikmati liburan peringatan HUT ke-79 RI.
 
Secara teknis, masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan bus Trans Jatim tetap harus menggunakan aplikasi dan tidak ada yang berubah. Namun, pada saat pemindaian, tidak ada tarif yang dibebankan kepada penumpang.
 
"Tahun lalu juga gratis dan berlangsung selama satu hari tepat di tanggal 17 Agustus. (teknisnya) seperti biasa tapi nanti discan nol rupiah," katanya.
 
Bus tersebut setiap hari beroperasi mulai pukul 05.00 hingga 21.00 WIB. Dalam kondisi normal, tarif umum busTrans Jatim ini sebesar Rp5.000 dan Rp2.500 untuk pelajar dan santri.
 
Trans Jatim sendiri adalah layanan transportasi umum yang merupakan program Pemerintah Provinsi Jawa Timur.  

Baca juga: Pj Gubernur luncurkan Bus Trans Jatim Koridor IV

 

Pewarta: Willi Irawan/Faizal Falakki
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024