Jakarta (ANTARA) - Gol debut dari penyerang anyar Joshua Zirkzee mengantarkan Manchester United (MU) mengawali Liga Inggris musim 2024/25 dengan mulus setelah mengalahkan Fulham dengan skor 1-0 pada pekan pertama di Stadion Old Trafford, Manchester, Sabtu dini hari WIB.

Zirkzee yang masuk sebagai pemain pengganti mampu menorehkan gol debutnya bagi Manchester United ketika waktu normal pertandingan tersisa tiga menit, demikian catatan Liga Inggris.

Kemenangan ini mengantarkan Manchester United menempati peringkat pertama klasemen sementara Liga Inggris dengan tiga poin, sementara Fulham berada di posisi terakhir.

Secara statistik, Manchester United mampu unggul dibanding dengan tim tamu dengan mencatatkan 55 persen penguasaan bola dan melepaskan 14 tendangan yang lima di antaranya tepat sasaran.

Baca juga: Ten Hag jelaskan alasannya datangkan Joshua Zirkzee di MU

Meskipun begitu, Fulham yang dapat menciptakan peluang terlebih dahulu melalui tendangan yang dilepaskan oleh Kenny Tete, namun dapat diselamatkan kiper MU Andre Onana.

MU berbalik memberikan ancaman setelah umpan terobosan Casemiro dapat disambut tendangan Bruno Fernandes, akan tetapi bola masih dapat dihalau oleh kiper Fulham Bernd Leno.

Fernandes kembali memberikan ancaman ke gawang The Cottagers, berawal dari umpan terobosan Casemiro, gelandang asal Portugal tersebut dapat melepaskan tendangan yang kembali dapat diselamatkan oleh Leno.

Memasuki babak kedua, Leno kembali menunjukkan kualitasnya setelah berhasil mematahkan peluang yang didapatkan MU karena mampu menggagalkan tendangan dari Mason Mount.

Baca juga: Ten Hag pastikan de Ligt-Mazraoui masuk skuad MU versus Fulham

Sempat tertekan, Fulham dapat menciptakan peluang lewat tendangan salto yang dilepaskan Rodrigo Muniz yang terkena bahu Kobbie Maino, namun bola dapat ditepis Onana.

MU akhirnya mampu memecah kebuntuan pada menit ke-87 setelah umpan silang yang dikirimkan oleh Alejandro Garnacho dapat disambut tendangan Joshua Zirkzee yang tak dapat dijangkau oleh Leno sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Pada waktu yang tersisa, Fulham berupaya untuk menyamakan kedudukan sehingga dapat mencuri satu poin dari Old Trafford, namun hingga peluit panjang dibunyikan, skor 1-0 untuk kemenangan MU tetap bertahan.

Selanjutnya pada pekan kedua Liga Inggris, MU dijadwalkan akan bertandang ke markas Brighton, Sabtu (24/8), sementara Fulham menjamu Leicester City, di hari yang sama.

Baca juga: Zirkzee pakai nomor punggung legendaris di Manchester United
Baca juga: Jadwal Liga Inggris: dibuka laga MU vs Fulham hingga Chelsea vs City
Baca juga: Manchester United dan upaya sembuh dari luka akibat "minus satu"

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024