Jakarta (ANTARA) - Beragam berita politik dalam sepekan telah diwartakan Kantor Berita ANTARA, berikut kami rangkum berita hukum terpopuler dalam sepekan yang masih layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi untuk mengisi akhir pekan Anda.


1. Pidato lengkap Presiden Jokowi pada Sidang Tahunan MPR 2024

Presiden RI Joko Widodo menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2024 mengenai Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara dan Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT Ke-79 RI.

Berikut isi pidato lengkap Presiden Jokowi yang mengenakan pakaian Bangsawan Ujung Serong asal Betawi ​​​​​saat menghadiri Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2024 di Gedung MPR/DPR/DPD di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.


2. Jokowi ke Prabowo: Izinkan saya serahkan tongkat estafet kepemimpinan

Presiden RI Joko Widodo memohon izin kepada Prabowo Subianto untuk menyerahkan tongkat estafet kepemimpinannya pada tanggal 20 Oktober mendatang, atau pada saat Pelantikan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024—2029.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2024 di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.


3. Ketua DPR ingatkan negara harus hadir agar keadilan tak tunggu viral

Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan negara untuk hadir dengan cepat dalam menanggapi masalah masyarakat sehingga tidak perlu menunggu viral terlebih dahulu untuk mendapatkan keadilan.

"Kehadiran negara jangan menunggu viral for justice. Kehadiran negara adalah hadirnya keadilan dan kesejahteraan bagi rakyat," kata Puan saat menyampaikan pidato pengantar sidang bersama DPR dan DPD di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.


4. Kasetpres gelar doa bersama lintas agama di Istana Garuda

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menggelar doa bersama lintas agama di Istana Garuda Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, menjelang pelaksanaan upacara 17 Agustus 2024 di IKN.

"Barusan kita shalat Jumat dan kita lanjut doa bersama. Sebagaimana kita ketahui esok hari kita akan merayakan detik-detik proklamasi pagi, dan sore hari akan ada penurunan bendera," kata Heru Budi Hartono di Istana Garuda, IKN Jumat.

Heru mengatakan panitia HUT RI melibatkan tokoh masyarakat, TNI/Polri dan pemangku adat untuk memanjatkan doa agar upacara 17 Agustus di IKN berlangsung khidmat dan memohon kesehatan serta kelancaran kepada Allah SWT.

Selengkapnya klik di sini.


5. Dukcapil: Tak ada kebocoran data pascapencatutan NIK Pilkada Jakarta

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Teguh Setyabudi memastikan tak ada kebocoran data setelah pencatutan nama dan nomor induk kependudukan (NIK) kartu tanda penduduk (KTP) yang digunakan secara sepihak untuk mendukung pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardana jalur perseorangan pada Pilkada DKI Jakarta 2024.

"Tidak ada kebocoran data, NIK seseorang bisa diperoleh dari berbagai cara, bisa secara benar maupun salah," kata Teguh saat dihubungi ANTARA dari Jakarta, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024