Jakarta (ANTARA) - Beragam berita hukum telah diwartakan Kantor Berita ANTARA, berikut kami rangkum berita hukum terpopuler kemarin yang masih layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi untuk mengisi akhir pekan Anda.

1. KPK geledah kantor Pempov Jatim terkait penyidikan dana hibah

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat, menggeledah kantor Pemerintah Provinsi Jawa Timur terkait penyidikan dugaan korupsi suap pengurusan dana hibah untuk kelompok masyarakat (pokmas) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Timur pada tahun anggaran 2019-2022.

"Benar, ada kegiatan penggeledahan KPK di Pemprov Jatim terkait perkara dana hibah," kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.


2. KPK sidik dugaan korupsi pengadaan xray di Badan Karantina Pertanian

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat, mengumumkan telah memulai penyidikan dugaan korupsi pengadaan perangkat pemindai xray di Badan Karantina Pertanian pada Kementerian Pertanian tahun anggaran 2021.

"Per tanggal 12 Agustus 2024, KPK telah memulai atau melaksanakan penyidikan dugaan tindak pidana korupsi untuk pengadaan xray statis, mobile xray, dan xray trailer atau kontainer pada Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian tahun anggaran 2021," kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.


3. BSSN: Latihan TFG untuk pengamanan HUT Ke-79 RI di IKN

Deputi Bidang Operasi Keamanan Siber dan Sandi pada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Mayjen TNI Dominggus Pakel mengatakan bahwa pihaknya mengikuti gelar latihan tactical floor game (TFG) dengan tujuan memantapkan pengamanan HUT Ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Tujuan mengikuti TFG dan simulasi pengamanan IKN dalam rangka persiapan pengamanan perayaan HUT ke-79 RI, yakni agar Satgas Pengamanan Siber dan Sandi BSSN yang terlibat dalam sistem pengamanan di acara tersebut dapat memahami tugas pokok, fungsi, dan peran masing-masing,” kata Pakel dalam siaran pers diterima di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.


4. Polisi gagalkan peredaran sabu 30 kilogram jaringan internasional

Petugas Satresnarkoba Polresta Sidoarjo berhasil menggagalkan upaya peredaran narkoba jenis sabu-sabu sebanyak 30 kilogram yang diduga merupakan jaringan Internasional.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Imam Sugianto, di Sidoarjo, Jumat mengatakan satu orang tersangka sebagai sopir mobil pikap yang mengangkut barang bukti sabu seberat 30 kilogram ditangkap dalam kasus ini.

"Dari pengungkapan ini satu orang ditangkap atas nama MI, alias Iyek, warga Sampang yang kontrak di Jalan Perlis Selatan, Kelurahan Perak Timur, Kecamatan Pabean Cantikan, Kota Surabaya," kata Kapolda Jatim Irjen Pol. Imam Sugianto.

Selengkapnya klik di sini.


5. MPR susun rancangan Pokok-Pokok Haluan Negara

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI telah menyusun rancangan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN) yang akan disampaikan dalam Sidang Akhir Masa Jabatan MPR RI periode 2019-2024 untuk menjadi rekomendasi pembahasan dan putusan bagi MPR RI periode selanjutnya.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet mengatakan PPHN akan menghasilkan penataan dan pengaturan penyelenggaraan negara yang harmonis, demokratis, dan berkualitas.

"PPHN akan menjadi pokok panduan bagi penyelenggaraan negara," ujar Bamsoet dalam Pidato Pengantar Sidang Tahunan MPR Tahun 2024 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024