Serang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten memeriahkan HUT Ke-79 RI  dengan menggelar pawai obor dan upacara penetapan waktu (taptu) pada Jumat malam.
 
Kegiatan ini diikuti oleh ribuan pelajar tingkat SMP, SMA, anggota pramuka, ormas, TNI/Polri, hingga Aparatur Sipil Negara (ASN) dan non ASN di lingkungan Pemprov Banten.
 
Pawai obor yang dimulai dari depan Gedung Negara Provinsi Banten ini dilepas oleh Penjabat Gubernur Banten bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Banten dan dihadiri juga oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat.
 
Pantauan di lokasi menunjukkan masyarakat Kota Serang sangat antusias menyaksikan pawai obor hingga memadati jalan dan trotoar di sekitar Alun-alun Kota Serang yang akan dilalui peserta pawai obor.
 
Pelaksanaan pawai obor di Kota Serang ini dalam rangka memeriahkan HUT Ke-79  RI serta mengenang kembali perjuangan para pahlawan nasional dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan itu berlangsung kondusif, aman dan meriah.
 
Adapun rute yang dilalui dalam pawai obor tersebut adalah memulai di depan Gedung Negara Provinsi Banten menuju ke Jalan Raya Pocis, Alun-alun Serang dan finis di Stadion Maulana Yusuf Kota Serang.
 
Pj Gubernur Banten, Al Muktabar  mengatakan antusiasme masyarakat Kota Serang sangat luar biasa dalam menyambut HUT RI  hingga ribuan masyarakat turun ke jalan untuk menyaksikan pawai obor.
 
"Mudah-mudahan masyarakat Banten selalu bisa mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah gugur mendahului, kegiatan malam ini sebagian dari rangkaian untuk memeriahkan HUT Ke-79 RI," katanya.
 
Ia memaknai kegiatan taptu malam merupakan bentuk untuk memeriahkan serta menghormati kemerdekaan Indonesia yang terbalut dalam bingkai NKRI.

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024