Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo ingin fungsi Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) diperluas, sehingga bisa secara aktif membantu kegiatan kepemudaan di Indonesia.
 
"Jadi saya minta yang ada di ruangan ini kita segera tuntaskan sebelum bulan Oktober agar ke depannya LPDUK ini benar-benar bisa menjadi garda depan Kemenpora untuk melakukan program-program yang inovatif dan saya percaya di tangan direktur yang baru, lembaga ini bisa lebih baik lagi," kata Dito dalam laman Kemenpora yang dipantau ANTARA, Jumat.

Saat menghadiri kegiatan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Direktur Lembaga Pengelolaan Dana dan Usaha Keolahragaan Ferry Kono di Jakarta, Jumat, ia membeberkan, LPDUK tidak hanya berperan dalam mendukung keolahragaan, tetapi juga perlu mendukung berbagai kegiatan kepemudaan, sehingga bisa menunjang produktivitas dan menciptakan kegiatan positif bagi generasi masa depan.
Lebih lanjut dia membeberkan, sejak awal menjabat Menpora, ia melihat LPDUK sebagai potensi besar yang belum sepenuhnya dikembangkan.
 
"LPDUK ini ibarat berlian yang belum diasah. Saya yakin dengan mengembalikan fungsi utama LPDUK, memberikan kewenangan yang lebih besar, serta memperkuat jaringan, lembaga ini akan menjadi proyek percontohan Badan Layanan Umum (BLU) yang inovatif," ujar menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Maju itu.
 
Dito menambahkan bahwa dirinya berkomitmen untuk mendukung perubahan atau perluasan fungsi tersebut secara maksimal dalam waktu dekat.
 
Ia menegaskan, siap mendorong dan mengawal adaptasi internal yang akan dilakukan untuk mewujudkan hal itu.
Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) merupakan Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).
 
Selaku lembaga dengan pola pengelolaan keuangan BLU, LPDUK juga berada di bawah pembinaan dan pengawasan Kementerian Keuangan.

Sebelumnya lembaga tersebut dipimpin oleh Indra Jayaatmaja selaku pelaksana tugas (Plt) Direktur LPDUK.

Baca juga: Menpora minta LPDUK maksimalkan potensi dari event di Indonesia

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024