Jakarta (ANTARA) - Zodiak menjadi topik perbincangan yang kerap dikaitkan dengan karakter seseorang berdasarkan tanggal kelahirannya. Bagi sebagian orang yang mempercayai zodiak, tentu tertarik mengetahui zodiak tokoh-tokoh penting, termasuk Presiden.

Dalam astrologi, zodiak dibagi menjadi 12 tanda yang berbeda berdasarkan rasi bintang tertentu. Zodiak seseorang didasarkan pada letak matahari dan rasi bintang yang paling dekat pada saat peristiwa kelahirannya.

Lalu, apa saja zodiak yang dimiliki para presiden Republik Indonesia? Yuk simak penjelasannya berikut ini berdasarkan referensi profil mereka di presidenri.go.id dan sumber lain:

1. Soekarno dan Soeharto (Gemini)

Gemini merupakan zodiak untuk orang yang lahir pada tanggal 21 Mei hingga 20 Juni. Zodiak Gemini dimiliki presiden pertama dan kedua Republik Indonesia.

Presiden Ke-1 Indonesia, Soekarno, lahir di Surabaya pada tanggal 06 Juni 1901. Sementara Presiden Ke-2 Indonesia yakni Soeharto lahir di Yogyakarta pada tanggal 08 Juni 1921.

Gemini memiliki elemen air dengan lambang si Kembar. Zodiak Gemini ini dikenal dapat berteman dengan siapa saja. Memiliki kepribadian yang ceria, cerdas, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, melansir dari laman Cosmopolitan.

Baca juga: Prediksi zodiak 9 Juni, Gemini dan Sagitarius paling hoki soal kerjaan

2. BJ Habibie dan Jokowi (Cancer)

Cancer merupakan zodiak untuk orang yang lahir pada tanggal 21 Juni hingga 22 Juli. Zodiak Cancer dimiliki presiden ketiga dan ketujuh Republik Indonesia.

Cancer memiliki elemen air dengan lambang kepiting. Zodiak Cancer memiliki empati tinggi, lembut, penuh kasih, dan memiliki karakter sebagai pemimpin yang secara intuitif dapat bertindak dan memutuskan.

Presiden Ke-3 Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie lahir di Pare pare pada tanggal 25 Juni 1936. Sedangkan Presiden Ke-7 Indonesia Joko Widodo lahir di Surakarta, pada 21 Juni 1961.

Baca juga: Rihanna, Adele, dan daftar selebritas lain yang lahir di Tahun Naga

3. Abdurrahman Wahid & Susilo Bambang Yudhoyono (Virgo)

Virgo merupakan zodiak untuk orang yang lahir pada tanggal 23 Agustus hingga 22 September. Zodiak Virgo dimiliki presiden keempat dan keenam Republik Indonesia.

Presiden Ke-4 Indonesia, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, lahir di Jombang pada tanggal 07 September 1940. Sedangkan, Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono lahir di Pacitan, Jawa Timur pada tanggal 09 September 1949.

Virgo memiliki elemen bumi dengan lambang perempuan. Zodiak Virgo dikenal sebagai pekerja keras. Zodiak ini memiliki kepribadian yang rajin, penuh perhatian, dan sangat dapat diandalkan karena kecerdasan dan kepintarannya.

4. Megawati (Aquarius)

Aquarius merupakan zodiak untuk orang yang lahir pada tanggal 20 Januari hingga 18 Februari. Zodiak Aquarius dimiliki Presiden Ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri yang lahir di Yogyakarta pada tanggal 23 Januari 1947.

Aquarius memiliki elemen udara dengan lambang si Pembawa Air. Zodiak Aquarius memiliki mandiri, pemikir yang kreatif, dan idealis.

5. Prabowo Subianto (Libra)

Libra merupakan zodiak untuk orang yang lahir pada tanggal 23 September hingga 22 Oktober. Zodiak Libra dimiliki presiden terpilih Pilpres 2024 Prabowo Subianto Djojohadikusumo yang lahir di Jakarta, pada 17 Oktober 1951.

Libra berelemen udara dengan lambang timbangan. Libra menghargai kemitraan, sehingga kemampuan kepemimpinannya sangat bergantung pada hubungan sosial. Libra memastikan bahwa setiap keputusan bersifat timbal balik menjaga agar tetap 50/50.

Baca juga: Cek zodiak berdasarkan tanggal lahir

Baca juga: Sifat orang berdasarkan zodiak

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2024