Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Komjen Pol. Marthinus Hukom mengatakan narasi dan konten tentang Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang dikemas secara menarik sangat berpengaruh terhadap informasi dan pesan yang disampaikan kepada generasi muda.

"Oleh karena itu, karakter generasi muda harus dipahami ketika berada di ruang media sosial serta dapat memanfaatkan konten yang sedang digandrungi saat ini,” ujar Marthinus dalam acara strategi pengelolaan media sosial di Jakarta, Rabu (14/6), seperti dikutip dari keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Ia menyebutkan optimalisasi pemanfaatan media sosial merupakan salah satu bentuk adaptasi instansi pemerintah dalam menghadapi era digital yang telah mengubah cara masyarakat dalam berkomunikasi dan mengakses informasi.

BNN, melalui fungsi humas, mempunyai peran besar dalam mengelola isu serta informasi terkait program kerja yang dilakukan BNN dalam upaya P4GN agar mendapat dukungan dari masyarakat.

Kendati demikian, penulis dan pegiat media sosial, Eko Kuntadhi mengatakan Humas BNN memerlukan kerja sama dengan media massa dan pemengaruh (influencer) dalam pembuatan sebuah konten.

Selain itu, ia menambahkan, petugas humas juga harus memahami dan terus belajar mengenai karakteristik media sosial agar konten yang dibuat menjadi perhatian dan pesannya sampai kepada para pengikut (followers).

Dia mengungkapkan beberapa strategi yang dapat dilakukan dalam mengemas narasi maupun konten, di antaranya dengan membuat judul dan ringkasan yang menarik perhatian, memanfaatkan tagar, mengenal karakteristik pengikut media sosial, kolaborasi dengan pemengaruh, serta memilih waktu yang tepat saat mengunggah konten.

"Pembuatan konten yang menarik dan edukatif menjadi bagian penting pada suatu instansi pemerintah agar literasi terkait bahaya narkotika dapat tersampaikan secara jelas dan merata ke seluruh lapisan masyarakat," ungkap Eko dalam kesempatan yang sama.

Selain Eko, hadir pula Cak Islah Bahrawi yang juga merupakan penulis dan pegiat media sosial dalam acara yang digelar di Gedung BNN RI tersebut untuk membagikan strategi pengelolaan media sosial kepada pelaksana kehumasan jajaran BNN Provinsi dan BNN Kabupaten/Kota.

Baca juga: BNN musnahkan 10,000 batang ganja di Aceh

Baca juga: BNN: Pembangunan moral dasar efektif tanggulangi masalah narkotika

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024