Jakarta (ANTARA) - Nasi goreng adalah salah satu makanan paling populer di Indonesia, bahkan diakui sebagai salah satu makanan favorit dari berbagai kalangan. Dengan beragam variasi dan cita rasa, nasi goreng menjadi pilihan alternatif untuk berbagai waktu makan, mulai sebagai sarapan, makan siang, atau makan malam.
 
Di Indonesia sendiri, ada berbagai jenis nasi goreng yang memiliki ciri khas masing-masing. Berikut adalah beberapa jenis nasi goreng dan bahan utamanya yang perlu Anda ketahui:
 
1. Nasi goreng kampung
 
Nasi goreng kampung adalah jenis nasi goreng yang sederhana namun sangat digemari karena rasanya yang lezat dan autentik. Nasi goreng ini merupakan nasi goreng yang praktis untuk dibuat sendiri.

Bahan utama nasi goreng kampung terdiri dari nasi putih, bumbu-bumbu dasar seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan terasi.

Biasanya, nasi goreng kampung juga dilengkapi dengan telur dan potongan ayam kampung atau ikan teri yang digoreng kering. Tak jarang sering ditambahkan dengan sayuran seperti salad dan mentimun.
 
2. Nasi goreng jawa
 
Nasi goreng Jawa memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan nasi goreng lainnya. Hal ini karena penggunaan kecap manis yang lebih banyak dalam pembuatannya.

Selain itu, bumbu yang digunakan seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan terasi dihaluskan terlebih dahulu.

Nasi goreng Jawa biasanya dilengkapi dengan telur, ayam suwir, atau bakso. Sayuran seperti kol dan daun bawang juga sering ditambahkan.

Baca juga: Empat menu khas nusantara hadir di hotel bintang lima Jepang
 
3. Nasi goreng padang
 
Nasi goreng Padang memiliki cita rasa yang lebih pedas dan kaya akan rempah-rempah gurih dan asin, sesuai karakteristik masakan Padang pada umumnya.

Bahan utamanya meliputi nasi putih, bumbu khas Minang seperti cabai merah, bawang merah, bawang putih, serta rempah-rempah seperti merica dan kaldu.

Nasi goreng ini biasanya diberi tambahan daging sapi, ayam yang dimasak dengan bumbu rendang, dan kerupuk berwarna pink.
 
4. Nasi goreng seafood
 
Nasi goreng seafood adalah variasi nasi goreng yang menambahkan lauk seafood sebagai bahan utamanya. Udang, cumi, dan kerang sering digunakan untuk memberikan rasa gurih dan manis khas seafood.

Bumbu yang digunakan biasanya sederhana, seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai, agar citra rasa seafood lebih terasa. Beberapa variasi nasi goreng seafood juga ditambahkan saus tiram atau kecap ikan.
 
5. Nasi goreng kambing
 
Nasi goreng kambing adalah jenis nasi goreng yang populer di daerah Jakarta dan sekitarnya. Bahan utamanya adalah daging kambing yang dimasak dan berbagai rempah seperti kunyit, kapulaga, serta serai.

Bumbu lain yang digunakan termasuk bawang merah, bawang putih, cabai, serta kecap manis. Nasi goreng ini biasanya disajikan dengan acar dan emping melinjo sebagai pelengkap.

Baca juga: Ide menu hidangan Lebaran dari berbagai negara
 
6. Nasi goreng Bali
 
Nasi goreng Bali dimakan dengan lauk sate lilit, dibumbui dengan rempah-rempah khas Bali. Makanan ini sangat disukai masyarakat Bali karena rempah-rempahnya yang harum dan lezat.

Daun jeruk, terasi, kecap asin, kemiri, daun salam, saus tiram, dan kunyit digunakan untuk membuat bumbu-bumbu nasi goreng bali ini. Meskipun rasanya sangat gurih, ada rasa lain yang berbeda karena diperkuat oleh aroma khas yang menggugah selera makan.
 
7. Nasi goreng Kediri
 
Terlihat dari visual makanannya, nasi goreng Kediri memiliki keunikan tersendiri. Nasi goreng Kediri disajikan dengan berkuah dan menjadi kesukaan banyak orang, terutama dimakan ketika sedang cuaca dingin.

Bahan-bahan untuk membuat nasi goreng Kediri tidak berbeda dengan nasi goreng lain, namun bahan utama kuahnya menggunakan kaldu ayam yang gurih.
 
8. Nasi goreng Makassar
 
Dalam kuliner makanan Makassar, nasi goreng khasnya yang dikenal dengan nasi goreng merah ujung pandang, menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi rasa lapar. Berbeda dengan nasi goreng lainnya yang berwarna kecokelatan, nasi goreng ini berwarna merah.

Bahan utamanya sama seperti nasi goreng pada umumnya dan warna merah pada nasinya dari saus tomat yang pembuatannya selama 8 jam.
 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2024