Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan bantuan berupa 1.000 paket sembako kepada warga yang terdampak bencana kebakaran di Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan.

Biro Pers Sekretariat Presiden menginformasikan bantuan tersebut diserahkan oleh Sekretariat Presiden melalui Sekretaris Camat Manggarai Rudy Cahyadi dan dilakukan di Posko Pengungsian Kecamatan Manggarai, Jumat.

Kebakaran yang melanda kawasan Manggarai pada Selasa (13/8) pukul 02.30 WIB lalu telah menimbulkan tantangan besar bagi banyak keluarga.

Baca juga: Jaksel relokasi warga terdampak kebakaran di Manggarai secara bertahap

Laporan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta mengungkapkan bahwa dalam peristiwa tersebut terdapat dua RW yang terdampak, yakni RW 06 berjumlah 15 RT dan RW 12 berjumlah 6 RT. Sedikitnya 1.172 KK terdampak bencana tersebut.

Dalam upaya untuk meringankan beban korban, Presiden Jokowi mengarahkan bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian dan dukungan pemerintah terhadap masyarakat yang terkena musibah. Bantuan yang diberikan kepada masyarakat terdiri atas berbagai kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, gula, dan makanan ringan.

Pemerintah terus memantau situasi dan berkomitmen untuk memberikan dukungan yang diperlukan bagi masyarakat yang terdampak bencana, termasuk upaya untuk memastikan mereka mendapatkan bantuan yang memadai selama masa pemulihan.

Baca juga: Wali Kota Jaksel antar warga terdampak kebakaran Manggarai ke rusun

Diketahui, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan bertahap merelokasi warga terdampak kebakaran di Jalan Dr Saharjo RW 06 dan RW 12 Manggarai, Tebet ke Rusun Pasar Rumput.

"Secara bertahap warga yang terkena dampak kebakaran kita relokasi untuk menempati rusun di Pasar Rumput," kata Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin saat ditemui di Rusun Pasar Rumput, Jakarta, Jumat.

Munjirin mengatakan setiap hari Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Selatan menyediakan empat bus sekolah untuk membawa warga dari lokasi tersebut ke rusun.

Baca juga: Jaksel sediakan posko untuk urus dokumen yang musnah di Manggarai

Pada Jumat, pihaknya mulai merelokasi sebanyak 44 kepala keluarga (KK) atau sekitar 189 jiwa. Dipastikan warga mendapatkan kamar di rusun dengan tipe 36 yang dilengkapi kasur, pendingin ruangan (AC), kipas angin, kamar mandi, dan lemari.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024