Sebagai BUMN yang memiliki bisnis utama pengelolaan kepelabuhanan, Pelindo selalu berkomitmen untuk tidak hanya menjadi penggerak ekonomi nasional, tetapi juga menjadi perusahaan yang membawa perubahan positif bagi lingkungan dan masyarakat
Jakarta (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo menyelenggarakan serangkaian program sosial dan lingkungan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia (RI).

"Sebagai BUMN yang memiliki bisnis utama pengelolaan kepelabuhanan, Pelindo selalu berkomitmen untuk tidak hanya menjadi penggerak ekonomi nasional, tetapi juga menjadi perusahaan yang membawa perubahan positif bagi lingkungan dan masyarakat," kata Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Salah satu kegiatan utama yang digelar adalah bazar usaha kecil dan menengah (UKM), yang berlangsung serentak Jumat hari ini di empat kota besar, yakni Jakarta, Medan, Surabaya, dan Makassar. Di masing-masing lokasi, bazar melibatkan puluhan UKM binaan Pelindo serta UKM lokal.

Di samping bazar, Pelindo pada Jumat hari ini juga menyelenggarakan program port visit yang melibatkan 400 pelajar sekolah dasar (SD) di empat kota tersebut. Program itu bertujuan memperkenalkan para pelajar mengenai dunia kepelabuhanan dan peran BUMN dalam perekonomian nasional, sekaligus menjadi ajang sosialisasi anti-perundungan.

Sebelumnya, Pelindo juga mengadakan edukasi safety riding dan memberikan layanan servis motor gratis sebagai upaya mendukung keselamatan dan Kesehatan kerja (K3) di wilayah sekitar pelabuhan.

Program tersebut diikuti oleh pengemudi ojek daring, ojek pangkalan, dan ojek koperasi di empat kota besar tersebut dengan total peserta 316 pengemudi atau 79 orang per kota. Para pengemudi menerima voucher servis ringan senilai Rp300.000 yang dapat digunakan di bengkel yang ditunjuk oleh masing-masing kantor regional dan subholding Pelindo.

Sementara itu, Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo Ardhy Wahyu Basuki menjelaskan dalam upaya edukasi itu, setiap peserta diminta menandatangani pakta komitmen tertib berlalu lintas, yang akan dipasang di ruang publik di wilayah pelabuhan.

Selanjutnya, dilakukan pengukuran tingkat pemahaman melalui pre-test dan post-test untuk memastikan peserta memahami safety riding.

Masih dalam rangkaian HUT Ke-79 RI, lanjut Ardhy, Pelindo juga melaksanakan penanaman 7.900 pohon di berbagai wilayah Indonesia, yang melibatkan seluruh kantor regional dan anak perusahaan. Penanaman pohon secara serentak tersebut merupakan bagian dari upaya Pelindo mengurangi emisi karbon dan melindungi wilayah sekitar pelabuhan dengan konsep green belt.

Kegiatan lain yang dilakukan yakni lomba penataan lingkungan di sekitar pelabuhan dengan tema kemerdekaan dan pelabuhan yang diselenggarakan di Medan, Jakarta, Surabaya, dan Makassar.

Program itu mencakup revitalisasi dan dekorasi lingkungan warga dengan bantuan sebesar Rp5.000.000 per lingkungan yang diselenggarakan oleh masing-masing regional dan subholding. Dua pemenang di setiap wilayah mendapatkan bantuan lanjutan sebesar Rp25.000.000 atau total Rp200.000.000 di empat kota untuk mempercantik lingkungannya.

"Melalui berbagai program sosial ini, kami merayakan semangat kemerdekaan yang tidak hanya dirasakan dalam perayaan, tetapi juga diwujudkan dalam tindakan nyata yang berdampak bagi masyarakat dan lingkungan," ujar Ardhy.

Baca juga: Pelindo gelar "Developing Great Maritimepreneur" dukung UMK maritim
Baca juga: Bank Mandiri fasilitasi layanan keuangan untuk Pelindo

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024