Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, untuk kemudian menuju Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat.

Berdasarkan keterangan resmi foto dari Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta, Jumat, Presiden Jokowi dan rombongan tiba di bandara menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 19.00 WITA.

Presiden Jokowi tiba menggunakan setelan jas berwarna hitam, sedangkan Ibu Negara Iriana memakai jaket berbahan jins, dan celana hitam dengan hijab warna merah muda.

Tampak menyambut kedatangan Presiden dan Ibu Iriana adalah Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol. Nanang Avianto, Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Edi Kuswanto, serta Danlanud Dhomber Kolonel Pnb David Ali Hamzah.

Presiden Jokowi, Iriana, dan rombongan kemudian menuju Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, dengan menggunakan mobil.

Di IKN, Presiden Jokowi akan memimpin apel kehormatan dan renungan suci (AKRS) yang digelar di Taman Kusuma Bangsa tengah malam nanti.

"Nanti malam, Presiden bersama Panglima TNI, Pak Kapolri dan menteri terkait akan melakukan kegiatan renungan suci Taman Kusuma Bangsa," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam keterangannya kepada awak media usai doa bersama menjelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia di Istana Garuda, IKN, Jumat.

Pada Sabtu (17/8), Presiden Jokowi akan menjadi inspektur upacara pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang pertama kali digelar di Istana Negara, IKN.

Baca juga: Presiden Jokowi bertolak menuju IKN hadiri rangkaian HUT Ke-79 RI

Baca juga: Jokowi: Pembangunan infrastruktur dianggarkan 2025 termasuk untuk IKN

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024