Beijing (ANTARA) - China akan bergerak lebih cepat untuk menyempurnakan sistem bank sentralnya dan mendorong pembangunan keuangan yang berkualitas tinggi, demikian disampaikan gubernur bank sentral negara tersebut.

China akan berfokus untuk menyempurnakan kerangka regulasi dua pilar dari kebijakan moneter dan kebijakan makroprudensial guna menjaga stabilitas nilai mata uang serta sistem keuangan negara, kata Pan Gongsheng, yang menjabat sebagai gubernur People's Bank of China (PBoC), dalam wawancara eksklusif dengan Xinhua.

Untuk mencapai tujuan tersebut, China secara bertahap akan beralih dari fokus pada target-target kuantitatif, memberikan penekanan yang lebih besar pada penggunaan instrumen-instrumen berbasis harga seperti suku bunga, dan memperkaya instrumen kebijakan moneternya, ujar Pan.

Berbagai upaya akan dilakukan untuk mendorong komunikasi kebijakan, meningkatkan transparansi kebijakan, menyempurnakan mekanisme untuk mencegah dan meredakan risiko sistemik, memperkuat pasar keuangan dan infrastrukturnya, serta membangun sistem keuangan terbuka yang berstandar lebih tinggi, imbuhnya.

PBoC akan mempromosikan keterbukaan keuangan berstandar tinggi dengan pendekatan yang berorientasi pada pasar, berbasis hukum, dan berstandar internasional, serta meningkatkan transparansi, stabilitas, dan prediktabilitas kebijakan-kebijakan yang relevan, lanjut sang gubernur.

Pan mengungkapkan bahwa China akan memperdalam keterbukaan kelembagaan di sektor keuangan, secara konsisten dan hati-hati mendorong internasionalisasi yuan, memajukan pengembangan pusat-pusat keuangan internasional, menciptakan lingkungan bisnis yang lebih bersahabat dan inklusif, serta berupaya memastikan keterbukaan dan keamanan keuangan.

Untuk ekonomi riil, Pan mengatakan bahwa PBoC akan mematuhi kebijakan moneter yang suportif dan mengintensifkan penyesuaian kontra siklus dan lintas siklus untuk menstabilkan ekspektasi serta membantu mengonsolidasikan tren pemulihan ekonomi China.

Dalam regulasi kebijakan moneternya, bank sentral itu akan memfokuskan upaya untuk mencapai keseimbangan antara tujuan jangka pendek dan jangka panjang, antara stabilisasi pertumbuhan dan pencegahan risiko, serta antara permintaan domestik dan kondisi eksternal, jelas Pan kepada Xinhua.

Pan mengatakan bahwa selanjutnya, PBoC akan bergerak untuk mengimplementasikan kebijakan dan langkah-langkah yang telah diperkenalkan, mengembangkan instrumen kebijakan tambahan, meningkatkan koordinasi kebijakan guna memenuhi tujuan pembangunan ekonomi dan sosial tahunan, serta mengembangkan keuangan teknologi, keuangan ramah lingkungan, keuangan inklusif, keuangan pensiun, dan keuangan digital.

Pan juga bertekad untuk bekerja keras mencegah munculnya risiko sistemik dengan menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi, penyesuaian struktural dan pencegahan risiko, meningkatkan efektivitas regulasi keuangan, mendorong legislasi mengenai stabilitas keuangan, serta menangani risiko di berbagai bidang seperti utang pemerintah daerah, real estat, serta bank kecil dan menengah. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2024