Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menilai permintaan maaf Presiden RI Joko Widodo pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2024 guna melepas kepemimpinannya selama dua periode dengan husnul khatimah.

"itu bagian dari kewajiban untuk saling memaafkan, melepas dengan husnul khatimah," kata Cak Imin ditemui usai mengikuti Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2024 di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat.

Dia juga menilai permintaan maaf tersebut sebagai sesuatu yang wajar dilakukan oleh seorang pemimpin di sisa akhir masa jabatannya.

"Sesuatu yang wajar sebagai pemimpin yang mengakhiri masa periodenya," kata dia.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo bersama Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia di penghujung masa jabatannya yang menyisakan waktu sekitar dua bulan lagi untuk harapan yang belum bisa terwujud.

"Saya dan Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin mohon maaf. Mohon maaf untuk setiap hati yang mungkin kecewa untuk setiap harapan yang mungkin belum bisa terwujud, untuk setiap cita-cita yang mungkin belum bisa tergapai," kata Presiden Jokowi.

Presiden Joko Widodo setidaknya menyampaikan empat kali permohonan maaf saat penyampaian laporan kinerja kementerian/lembaga pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2024 di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat.

Sidang Tahunan 2024 digelar dengan tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju" yang terdiri dari Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, dan Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2024-2025.

Dalam Sidang Tahunan MPR RI-Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan laporan kinerja lembaga-lembaga negara, dan sekaligus pidato kenegaraan dalam rangka HUT Ke-79 RI.

Selanjutnya, dalam Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2024-2025, Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato dalam rangka Pengantar/Keterangan Pemerintah atas Rancangan Undang-Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2025 beserta Nota Keuangan.

Baca juga: Wakil Ketua MPR ucapkan terima kasih atas 10 tahun kepemimpinan Jokowi

Baca juga: Presiden Jokowi bertolak menuju IKN hadiri rangkaian HUT Ke-79 RI

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024