Pada hari ini pun telah diresmikan dua unit SPBU MyPertamina untuk menunjang distribusi energi di wilayah IKN,
IKN (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga membentuk Satuan Tugas meningkatkan stok bahan bakar di beberapa titik penting di sekitar Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam rangka mendukung perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 RI di IKN.


"Pertamina Patra Niaga telah meningkatkan stok bahan bakar di beberapa titik penting di sekitar IKN termasuk memastikan stok dan distribusi LPG," ujar Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Heppy Wulansari dalam keterangannya yang diterima di IKN, Kalimantan Timur, Jumat.

Selain itu, lanjut dia, berbagai infrastruktur penunjang, termasuk mobil tangki dan fasilitas penyimpanan, juga telah disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan permintaan selama perayaan.

Area Manager Communication, Relation & CSR Kalimantan Pertamina Patra Niaga Arya Yusa Dwicandra menambahkan, Pertamina telah menyiapkan dan menyiagakan fasilitas penimbunan (storage).

Fasilitas tersebut meliputi Integrated Terminal (IT) Balikpapan, Aviation Fuel Terminal (AFT) Sepinggan, dan APT Pranoto Samarinda.

Untuk Kota Balikpapan, kata dia, terdapat 15 SPBU Reguler dan dua SPBU Modular, sedangkan yang berada di Penajam Paser Utara ada  empat SPBU Reguler,  tiga SPBU Mini, empat Pertashop , satu SPBU Modular, SPBU Kantong ada enam berupa mobil tangki, dua layanan kemasan, dua unit pickup kemasan dan lima motoris.

“Pada hari ini pun telah diresmikan dua unit SPBU MyPertamina untuk menunjang distribusi energi di wilayah IKN,” ucap Arya.

Kedua SPBU tersebut, lanjut dia, memiliki penampungan (storage) masing-masing sebesar 10 kiloliter (KL), yang berlokasi di Desa Bukit Raya Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara dan di JL. letkol. Pol. H.M. Asnawi Arbain Kelurahan Gunung Bahagia Balikpapan.

Pertamina Patra Niaga di Regional Kalimantan pun telah melakukan koordinasi intensif dengan berbagai pihak terkait untuk memastikan distribusi BBM dan LPG berjalan tanpa hambatan.

"Kami juga telah mengadakan pelatihan khusus bagi para petugas lapangan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan respons cepat terhadap berbagai situasi yang mungkin terjadi. Keselamatan dan keamanan distribusi energi adalah prioritas utama," kata Arya.

Selain memastikan ketersediaan energi, Pertamina Patra Niaga juga berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan selama acara berlangsung.

Berbagai inisiatif hijau, seperti penggunaan bahan bakar ramah lingkungan dan pengurangan emisi, telah diterapkan sebagai bagian dari upaya berkelanjutan perusahaan dalam mendukung pembangunan yang berkelanjutan di IKN.

"Kami bangga dapat berkontribusi dalam perayaan HUT Ke-79 RI di IKN. Ini adalah momen bersejarah bagi bangsa kita, dan kami berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dalam memastikan acara berjalan sukses," kata Arya.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024