Kalian adalah agen khusus yang ditugaskan oleh negara
Surabaya (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono mengukuhkan 64 Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Jatim Tahun 2024 di Halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat sore.
 
Dalam sambutannya, Adhy berpesan kepada para anggota Paskibraka untuk menghayati dan mempedomani nilai-nilai Pancasila sesuai dengan ikrar yang telah diucapkan.
 
“Upacara pengibaran bendera pada HUT Kemerdekaan RI merupakan momen yang sangat sakral. Untuk itu, pemerintah dan seluruh masyarakat Jatim menyerahkan tugas mulia ini kepada anak-anakku anggota Paskibraka yang berjumlah 64 orang,” ujar Adhy.
 
Menurutnya, peran seluruh anggota Paskibraka sebagai agen untuk menjaga dan memelihara nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan masyarakat.
 
“Setelah tugas mulia ini, kalian akan dinobatkan sebagai duta Pancasila Purna Paskibraka. Kalian adalah agen khusus yang ditugaskan oleh negara,” tambahnya.
 
Adhy juga mengucapkan selamat atas pengukuhan seluruh anggota Paskibraka yang telah diberikan amanah dan kehormatan pada momen spesial ini. Ia menyebut jika tugas Paskibraka mempunyai tanggung jawab besar.
 
“Kami ucapkan selamat dan sukses kepada anggota Paskibraka yang telah dikukuhkan. Ini merupakan tanggung jawab besar,” kata Adhy

Baca juga: Heru Budi kukuhkan anggota Paskibraka DKI Jakarta
Baca juga: Pemkot Jaktim kukuhkan 43 anggota Paskibraka 
 
Dia menilai kesempatan ini sangatlah istimewa dan hanya diberikan bagi orang-orang terpilih melalui seleksi yang ketat, juga perjuangan serta latihan yang sangat berat. Namun pihaknya yakin ini adalah tonggak bersejarah.
 
Tak hanya itu, Adhy juga menyampaikan pesan kepada anggota Paskibraka untuk tetap menjaga kondisi dan kesehatan guna kelancaran tugas esok hari, 17 Agustus 2024.
 
"Tetap fokus. Jangan lupa mari bersama-sama berdoa untuk kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI yang salah satu kuncinya berada di tangan kalian," ungkap Adhy.
 
Dia meminta anggota Paskibraka Jatim mempertanggungjawabkan kepercayaan dan kehormatan, serta laksanakan tugas sebaik-baiknya karena tidak semua orang mendapat kesempatan mengemban misi yang mulia ini.
 
Di akhir, Pj Gubernur menyampaikan terima kasih atas dukungan, apresiasi serta motivasi kepada seluruh orang tua Paskibraka, pembina, pembimbing, pelatih dan panitia atas segala jerih payah, dedikasi serta kesabaran dalam membimbing putra-putri terbaik Jawa Timur ini untuk menjadi anggota Paskibraka tahun 2024.
 
Acara pengukuhan ini juga dihadiri oleh Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Jatim Bobby Soemiarsono, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Jatim Basuki Sukardjono, Kepala Dinas Potensi dan Maritim Koarmada II Dwi Yoga Pariadi serta para Forkopimda beserta Kepala Perangkat Daerah Provinsi Jatim.

Baca juga: Ombudsman: Pengukuhan anggota Paskibraka 2024 perlu dievaluasi
Baca juga: Paskibraka 2024 bangga kibarkan merah putih di IKN

 

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024