Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 4.577 hewan penular rabies (HPR) di wilayah Jakarta Barat telah divaksinasi oleh Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) setempat selama 2024.

"Sampai 15 Agustus 2024 ada 4.577 HPR yang sudah vaksinasi rabies di Jakarta Barat," kata Kasudin KPKP Jakarta Barat saat dihubungi di Jakarta pada Jumat.

Jumlah tersebut terdiri dari 1.009 anjing, 3.538 kucing, 26 kera dan empat musang.

Novy menuturkan bahwa vaksinasi rabies terus dilakukan untuk mempertahankan DKI Jakarta yang bebas atau nol kasus rabies.

Karena itu, Novy meminta kontribusi masyarakat khususnya para pemilik HPR untuk mengantisipasi penularan virus tersebut di wilayah setempat dengan membawa HPR ke lokasi vaksinasi yang telah ditentukan.

Baca juga: Jakarta Barat lakukan sterilisasi pada seribu lebih kucing
Baca juga: Jakarta Barat turunkan petugas ke kelurahan cegah rabies


Imbauan tersebut disampaikan Novy menyusul rendahnya partisipasi masyarakat pemilik HPR untuk membawa hewannya ke lokasi vaksinasi.

"Untuk warga Jakbar, mari sama-sama kita berkolaborasi mempertahankan Jakarta bebas rabies dan peduli dengan kesehatan hewan. Pantau intagram kami (@sudinkpkpjb) untuk informasi pelayanan yang diberikan, datang ke lokasi-lokasi yang telah ditentukan," tutur Novy.

Novy menuturkan bahwa membawa HPR ke lokasi vaksinasi juga menjadi salah satu bentuk tanggung jawab pemilik HPR terhadap lingkungan dan warga sekitar.

Masyarakat yang memiliki hewan kesayangan diharapkan untuk lebih memperhatikan kesehatan dan memelihara hewan kesayangannya sebagai bentuk tanggung jawab sebagai pemilik hewan peliharaan terhadap lingkungan sekitarnya.

"Lakukan pemeriksaan kesehatan hewannya dan mendapatkan vaksinasi rabies gratis," ungkap Novy.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024